1. Dengan adanya internet, siswa di daerah terpencil dapat mengakses berbagai sumber belajar seperti buku elektronik, video pembelajaran, dan platform pembelajaran online lainnya. Hal Ini memungkinkan mereka untuk belajar dengan materi yang sama seperti siswa di wilayah lain. Selain itu, teknologi juga memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, di mana siswa dapat mengikuti pelajaran secara real-time atau merekamnya untuk dipelajari kembali. Guru di daerah terpencil juga dapat memanfaatkan teknologi (Platform seperti YouTube, Video Pembelajaran, dan berbagai LMS) dapat digunakan untuk mendistribusikan pembelajaran. Guru juga bisa mengikuti pelatihan online untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mereka, berkolaborasi dengan guru lain, dan mengakses materi pembelajaran terkini. Dengan demikian, teknologi informasi telah membuka peluang bagi semua siswa, terlepas dari lokasi yang terpencil, untuk memperoleh pendidikan berkualitas.
2. Dari beberapa masalah yang saya temui rata-rata tidak semua guru memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi. Kurangnya literasi digital membuat mereka merasa kesulitan dalam mengoperasikan perangkat, mencari sumber belajar online, atau mengembangkan materi pembelajaran digital. Oleh karena itu, sekolah perlu menyediakan pelatihan yang berkelanjutan bagi guru, baik dalam bentuk workshop, seminar.