Penilaian formatif dilakukan secara berkesinambungan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik yang dapat membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka.Siswa diminta menulis jurnal reflektif setiap hari tentang apa yang mereka pelajari, kesulitan yang mereka hadapi, atau perasaan mereka terkait pembelajaran bahasa dan sastra. Guru dapat memberikan umpan balik setiap hari atau mingguan, hal ini bermanfaat dalam Meningkatkan keterampilan menulis reflektif dan berpikir kritis. Siswa juga kejujuran, introspeksi, dan kesadaran mengembangkan diri saat merefleksikan perkembangan mereka.
Penilaian sumatif dilakukan di akhir periode pembelajaran (misalnya akhir semester atau unit akhir) untuk mencapai pencapaian akhir siswa berdasarkan standar atau kriteria tertentu. contoh nya Tes Menulis Esai atau Cerita Pendek Siswa diminta menulis esai, cerita pendek, atau puisi berdasarkan tema yang diberikan. Penilaian dilakukan dengan rubrik yang menilai unsur-unsur seperti struktur, pilihan kata, kohesi, dan pesan moral, hal ini dapat bermanfaat Menilai keterampilan menulis siswa secara menyeluruh, memberikan pemahaman tentang kemampuan mereka dalam mengembangkan ide dan ekspresi diri. Selain keterampilan berbahasa, siswa juga mengekspresikan nilai karakter seperti empati atau tanggung jawab melalui tema yang dipilih.