Diskusi Sesi Ke-13

Sesi 13

Sesi 13

oleh RENY WIDYA ASTUTI -
Jumlah balasan: 0

1. Drama dan Teater:

   - Siswa menulis naskah drama berdasarkan cerita rakyat atau tema-tema moral.

   - Memainkan peran dalam drama tersebut, mengasah kemampuan berbicara, ekspresi, dan kerja sama tim.

   - Refleksi setelah pertunjukan mengenai nilai-nilai yang dipelajari dari cerita dan pengalaman bekerja dalam tim.

 

2. Penulisan Cerita Pendek:

   - Siswa menulis cerita pendek dengan tema seperti kejujuran, persahabatan, atau tanggung jawab.

   - Menggunakan teknik penulisan kreatif untuk mengembangkan plot, karakter, dan dialog.

   - Membaca karya teman sekelas dan memberikan umpan balik, meningkatkan keterampilan membaca dan kritik sastra.

 

3. Debat dan Diskusi:

   - Mengadakan debat mengenai isu-isu moral atau etika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

   - Melatih keterampilan berbicara di depan umum, mendengarkan, dan berpikir kritis.

   - Diskusi tentang nilai-nilai yang diperoleh dari debat dan cara menerapkannya dalam kehidupan.

 

4. Jurnal Reflektif:

   - Siswa menulis jurnal tentang pengalaman mereka sehari-hari dan bagaimana mereka menerapkan nilai-nilai tertentu.

   - Meningkatkan keterampilan menulis dan refleksi diri.

   - Diskusi kelompok mengenai pengalaman yang ditulis dalam jurnal, membantu siswa memahami perspektif orang lain.

 

5. Proyek Literasi:

   - Membaca buku atau cerita yang memiliki pesan moral kuat, kemudian membuat proyek seperti poster, video, atau presentasi tentang nilai-nilai yang ditemukan.

   - Mengembangkan keterampilan membaca, analisis, dan presentasi.

   - Diskusi kelas tentang nilai-nilai yang dieksplorasi dan bagaimana menerapkannya.

 

6. Cerita Bergambar atau Komik:

   - Siswa membuat cerita bergambar atau komik yang menggambarkan nilai-nilai karakter.

   - Mengasah kreativitas dalam menulis dan menggambar.

   - Presentasi komik kepada kelas dan diskusi tentang pesan moral yang disampaikan.

 

7. Proyek Kolaboratif Menulis Buku:

   - Siswa bekerja dalam kelompok untuk menulis dan mengilustrasikan buku cerita yang mengandung nilai-nilai karakter.

   - Mengembangkan keterampilan kolaborasi, menulis, dan menggambar.

   - Membagikan buku cerita kepada siswa lain atau membacakan di depan kelas, mengasah keterampilan presentasi dan mendengarkan.

 

Dengan proyek-proyek ini, siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia, tetapi juga belajar dan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.