Forum Diskusi

contoh project based lerning pada pembelajaran fisika

contoh project based lerning pada pembelajaran fisika

by SURANTI GUSTINA -
Number of replies: 2

Baikalah bu, izinkan ananda Suranti Gustina (23113003) ingin mencontohkan model pembelajaran PjBl yaitu Membuat Kincir Angin Sederhana

Jadi siswa dapat membuat model kincir angin sederhana yang dapat berputar dan menghasilkan energi (jika memungkinkan) menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti karton, baling-baling plastik, atau bahan daur ulang. Dengan tujuan siswa dapat mengetahui bu, apa saja yang terjadi pada baling-baling tersebut, yang berkaitan dengan pembelajaran Fisika, seperti:

  1. Energi angin: Jadi siswa mempelajari bagaimana energi angin dapat diubah menjadi energi mekanik dan, pada level lebih lanjut, energi listrik.
  2. Dinamika rotasi: Memahami konsep momen gaya dan kecepatan anguler yang memengaruhi putaran kincir angin. Rasa Suranti ini berkaitan juga dengan materi kita buk, pada materi GM (Gerak Melingkar)
  3. Konservasi energi: Jika dilengkapi dengan generator kecil, siswa juga bisa belajar tentang konversi energi dari energi angin menjadi energi listrik.

Disini langkah atau proses pembuatan dari kincir angin ini ialah

  1. Siswa merancang dan membuat kincir angin dengan desain tertentu, memperhatikan jumlah baling-baling, ukuran, dan sudut kemiringan.
  2. Mereka kemudian melakukan eksperimen dengan angin buatan (dari kipas angin) untuk melihat seberapa efektif kincir berputar dan memengaruhi kecepatan rotasi.
  3. Jika memungkinkan, siswa bisa memasang generator sederhana (misalnya, dari dinamo kecil) untuk menyalakan LED atau mengukur listrik yang dihasilkan.

Menurut Suranti buk, dengan adanya model pembelajaran PjBL ini maka siswa bisa mendapatkan banyak sekali hal-hal baru seperti

  1. Pengalaman Langsung dengan Konsep Fisika: Siswa mengaplikasikan teori yang dipelajari dalam kelas, seperti energi, gaya, dan gerak melingkar, pada proyek nyata.
  2. Keterampilan Pemecahan Masalah: Melalui tantangan membangun model yang benar-benar berfungsi, siswa mengembangkan keterampilan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis.
  3. Kreativitas dan Keterampilan Teknikal: Siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis dalam perancangan dan perakitan.

Mungkin sekian bu menurut pendapat Suranti, syukron bu

 

In reply to SURANTI GUSTINA

Re: contoh project based lerning pada pembelajaran fisika

by TAQMAWATI TAQMAWATI -
assalamualaikum buk,izin ana taqmawati mencontohkan model pembelajaran pjbl buk
 
1. Membangun Kendaraan Bertenaga Surya

Tujuan: Menerapkan konsep-konsep energi, seperti energi surya, energi kinetik, dan efisiensi energi, dalam merancang dan membangun kendaraan bertenaga surya.

Langkah-langkah:

Fase 1: Menentukan Masalah: Siswa diminta untuk merancang dan membangun kendaraan bertenaga surya yang dapat bergerak sejauh mungkin dengan menggunakan panel surya sebagai sumber energi.
Fase 2: Mencari Solusi: Siswa melakukan riset tentang berbagai jenis panel surya, motor listrik, dan desain kendaraan yang efisien. Mereka dapat mempelajari tentang teknologi yang digunakan, keuntungan dan kerugian masing-masing jenis panel surya, dan potensi penerapannya.
Fase 3: Perencanaan dan Desain: Siswa merancang kendaraan mereka dengan mempertimbangkan ukuran panel surya, jenis motor listrik, dan bentuk kendaraan yang aerodinamis. Mereka dapat menggunakan program desain komputer atau membuat model fisik.
Fase 4: Implementasi: Siswa membangun kendaraan mereka berdasarkan desain yang telah dibuat. Mereka dapat bekerja dalam kelompok untuk membagi tugas dan menyelesaikan proyek secara kolaboratif.
Fase 5: Evaluasi: Siswa menguji kendaraan yang telah mereka bangun dan mengukur jarak yang ditempuh. Mereka menganalisis hasil pengujian dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.


Manfaat:

Membantu siswa memahami konsep-konsep energi secara praktis.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya energi terbarukan dan dampaknya terhadap lingkungan.
Meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah
In reply to SURANTI GUSTINA

Re: contoh project based lerning pada pembelajaran fisika

by VIORA HERLANDA -
Assalamualaikum buk,izin Viora Herlanda (23113006) inigin memberikan contoh projek base learning dalam pembelajaran fisika
Contoh : Membuat Spektroskop Sederhana untuk Mempelajari Spektrum Cahaya

Deskripsi Project: Siswa membuat spektroskop sederhana menggunakan kotak bekas, CD, dan kertas hitam untuk mempelajari spektrum cahaya dan memahami konsep pembiasan dan panjang gelombang. Project ini memungkinkan siswa mengamati spektrum warna yang dihasilkan oleh sumber cahaya berbeda, seperti lampu pijar, lampu LED, dan cahaya matahari.

Langkah-langkah:

1. Penjelasan teori tentang spektrum cahaya dan pembiasan.
2. Pembuatan spektroskop dengan memotong celah kecil pada kotak bekas dan memasang potongan CD pada sudut tertentu untuk membelokkan cahaya.


3. Observasi spektrum yang dihasilkan oleh berbagai sumber cahaya melalui celah kotak.


4. Pencatatan hasil pengamatan spektrum dan perbedaan warna yang terlihat.


5. Diskusi dan analisis tentang panjang gelombang dan perbedaan spektrum yang diamati.



Hasil yang Diharapkan: Siswa dapat memahami bagaimana cahaya terurai menjadi spektrum warna yang berbeda, mengenali prinsip pembiasan, dan membedakan spektrum dari berbagai sumber cahaya. Siswa juga diharapkan dapat menghubungkan pengamatan mereka dengan teori tentang panjang gelombang dan energi cahaya.