Forum Diskusi 2: Komunikasi

Tata krama dalam berkomunikasi

Tata krama dalam berkomunikasi

by AISYAH UMI RAMADHANI SAMOSIR -
Number of replies: 0

1. Sapa dengan semangat

Memulai komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk komunikasi yang akan dilangsungkan. Bahasa sebagai alat komunikasi yang baik haruslah memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya, oleh karena itu biasakan sebelum berkomunikasi untuk menyapa lawan bicara dengan senyuman yang bersemangat atau kata – kata yang membawa semangat.

2. Tatap wajah lawan bicara

Ketika lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu, maka pandangan dan arah mata haruslah melihat dan memandang lawan bicara. Hal ini akan memberikan tanda kepada lawan bicara, bahwa apa yang diutarakannya didengarkan dengan baik. Jangan terlalu sering menoleh ke kiri – ke kanan karena akan memberikan kesan yang tidak sopan. (Baca Juga : Fungsi Media Komunikasi)


3. Jangan membicarakan keburukan orang lain

Sewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas. Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.

4. Jika batuk tutuplah mulut

Ketika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk, berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang disekitar.

5. Menggunakan kata – kata yang sopan

Penggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.

6. Jangan memaksa

Setiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.


7. Dengarkan dengan baik

Ketika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan didengarkan keluh kesahnya.

8. Jangan berbicara terlalu cepat

Dalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu lama