Realitasnya: Siswa saat ini terpapar teknologi sejak dini. Mereka mahir menggunakan gadget, mengakses informasi dengan cepat, dan terbiasa dengan pembelajaran visual dan interaktif. Guru harus beradaptasi dengan kondisi ini.
Peran Guru:
- Menjadi model literasi digital: Guru perlu menunjukkan penggunaan teknologi yang bijak dan bertanggung jawab, termasuk memverifikasi informasi, menghindari plagiarisme, dan beretika online.
- Merancang pembelajaran yang inovatif: Menggunakan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, misalnya dengan memanfaatkan platform pembelajaran online, media pembelajaran digital, dan simulasi.
- Memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi: Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar siswa, misalnya melalui forum diskusi online, proyek kelompok berbasis teknologi, dan platform komunikasi lainnya.
- Membimbing siswa dalam mengelola informasi: Mengajarkan siswa keterampilan kritis dalam mencari, mengevaluasi, dan memilih informasi yang valid dan relevan di tengah banjir informasi di internet.
- Personalsiasi pembelajaran: Teknologi memungkinkan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar masing-masing siswa.
- Pengembangan profesional berkelanjutan: Guru harus terus belajar dan mengembangkan kompetensi di bidang teknologi agar dapat mengikuti perkembangan terkini.