Pembelajaran sastra berbasis karakter dapat membantu siswa SD atau MI mengembangkan keterampilan berbahasa dan karakter:
1. Mengembangkan keterampilan berbahasa
Sastra dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Sastra juga dapat membantu memperkaya kosakata dan memahami tata bahasa.
4. Mengembangkan karakter
Sastra dapat membantu siswa mengembangkan karakter seperti tekun, berpikir kritis, berwawasan luas, cermat, taat, dan jujur. Sastra juga dapat membantu siswa mengembangkan kepekaan perasaan sehingga cenderung cinta kepada kebaikan dan membela kebenaran.
3. Menanamkan nilai-nilai positif
Melalui pembelajaran sastra, siswa dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif.
Aktivitas seperti pembacaan karya sastra, dramatisasi, dan proses sastra dapat mendukung tujuan pembelajaran sastra berbasis karakter:
1. Membaca karya sastra dapat membantu siswa mengembangkan karakter seperti tekun, berpikir kritis, dan berwawasan luas.
2. Menulis karya sastra dapat membantu siswa mengembangkan karakter seperti tekun, cermat, taat, dan jujur.
3. Pembelajaran sastra yang memungkinkan siswa membaca dan menulis karya sastra dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman dan pengertian tentang manusia dan kemanusiaan.
4. Melalui kegiatan membaca, mendengarkan, atau membuat cerita yang mengandung pesan moral, siswa dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif.