Forum Diskusi

Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by HANIF ZAIDAN SINAGA -
Number of replies: 20

 

1. Jelaskan tentang Augmented Reality (AR).

2. Jelaskan tentang Platform Augmented Reality (AR).

In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by FAKHRULLAH ABRISAM -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menghadirkan elemen digital, seperti gambar, suara, atau animasi, ke dalam lingkungan fisik atau dunia nyata
2. - AUG mentecture
Platform yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan model 3D dalam format AR di perangkat seluler.
- ARCore
SDK realitas tertambah milik Google yang dapat digunakan untuk membangun pengalaman imersif di Android, iOS, Unity, dan Web.
- ROAR Augmented Reality Editor
Platform yang dapat digunakan untuk meluncurkan konten AR yang imersif. Platform ini dapat digunakan oleh kreator, pendidik, dan siswa.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by TABITA NURTIRTA PURWITA SARI -
1. Augmented Reality, atau AR, adalah teknologi yang menyatukan elemen digital—seperti gambar, suara, atau animasi—ke dalam dunia nyata. Jadi, pengguna bisa melihat objek digital yang seolah-olah benar-benar ada di depan mereka dan bahkan bisa berinteraksi dengannya. Biasanya, AR ini diakses lewat perangkat seperti ponsel atau tablet yang dilengkapi kamera. Misalnya, dalam dunia pemasaran, AR memungkinkan kita mencoba produk secara virtual, yang bisa membuat pelanggan lebih tertarik dan lebih terlibat.

2. Platform AR adalah alat atau perangkat lunak yang membantu orang menciptakan pengalaman AR di berbagai perangkat. Contoh platform AR yang terkenal adalah ARKit (untuk perangkat Apple seperti iPhone) dan ARCore (untuk perangkat Android)atau pun yang menjadi percobaan 2 minggu lalu yaitu polycam bisa untuk Android dan Apple namun di Apple banyak kendala ketika menggunakan polycam ini. Ada juga platform seperti Unity, yang sering dipakai untuk membuat konten AR yang interaktif, serta Spark AR Studio dari Meta yang bisa digunakan untuk membuat efek AR di media sosial seperti Instagram. Semua platform ini memberikan alat bagi pengembang untuk membuat aplikasi atau efek AR yang seru dan bermanfaat di berbagai bidang, seperti pemasaran, pendidikan, dan hiburan.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by SHINTAWATI KHOIRUNNISA -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menyatukan elemen digital dengan dunia nyata, memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan objek digital seakan-akan mereka ada di lingkungan fisik. AR menyajikan informasi tambahan berupa gambar, suara, atau animasi yang muncul di pandangan dunia nyata pengguna. Teknologi ini menggunakan perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR yang dilengkapi kamera dan sensor untuk mendeteksi lingkungan sekitar dan menampilkan konten secara langsung. AR digunakan untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi konsumen. Contohnya, aplikasi AR memungkinkan pengguna mencoba produk secara virtual sebelum membeli, seperti melihat tampilan furnitur di rumah mereka atau mencoba makeup secara digital. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan konsumen, tetapi juga membantu mereka membuat keputusan pembelian yang lebih tepat.

2. - ARKit (Apple): Platform ini memungkinkan pengembang membuat aplikasi AR yang dapat berjalan di perangkat iOS. Dengan teknologi pelacakan gerakan dan pemetaan lingkungan, ARKit memungkinkan objek virtual diintegrasikan ke dunia nyata dengan presisi tinggi.
- ARCore (Google): Serupa dengan ARKit, ARCore adalah platform dari Google untuk pengembangan aplikasi AR di perangkat Android. Platform ini menyediakan alat bagi pengembang untuk menambahkan fitur AR ke aplikasi mereka, termasuk pelacakan gerakan dan pemahaman lingkungan.
- Vuforia: Vuforia adalah platform dalam pengembangan AR, dikenal karena kemampuannya dalam pelacakan gambar dan objek 3D. Vuforia sering digunakan dalam industri game dan pendidikan karena fleksibilitasnya dalam mengintegrasikan konten digital ke dalam lingkungan fisik.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by SALMA DIFA ARISTAWIDYA -
1. Augmented Reality (AR) merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Dengan tangkapan kamera, pengguna dapat melihat dunia nyata yang di dalamnya juga tersaji objek-objek digital yang seolah hadir secara nyata. Objek digital tersebut hanya sebuah realitas maya yang bisa dilihat di dalam layar. AR diterapkan dalam berbagai bidang, seperti game, social media (seperti filter Snapchat), pendidikan, medis dan broadcast. Kesimpulannya, AR menggabungkan tiga fitur, yaitu kombinasi dunia digital dan fisik, interaksi real-time, dan identifikasi 3D yang akurat dari objek virtual dan nyata.
Jenis-Jenis AR:
• Marker-based AR: Dibuat menggunakan gambar fisik tertentu (penanda) untuk mengidentifikasi objek yang sebelumnya sudah diprogram ke dalam perangkat atau aplikasi AR. Jenis AR ini umumnya dijalankan dengan mengarahkan kamera user ke penanda lalu mendeteksi penanda tersebut. Contoh marker-based AR yang paling umum digunakan adalah QR code.
• Markerless: Lebih kompleks karena tidak ada penanda untuk memfokuskan perangkat user. Aplikasi markerless AR mengandalkan kamera, GPS, kompas, dan akselerometer perangkat untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan.

2. Platform Augmented Reality
• ARKit: Merupakan kerangka kerja (framework) tangguh buatan Apple, Apple, menyederhanakan pengembangan AR untuk perangkat iOS. ARKit unggul dalam pengenalan objek dan pemandangan, yang memungkinkan pengembang menciptakan pengalaman interaktif. Kasus penggunaan: Aplikasi pendidikan, visualisasi produk, permainan (seperti Pokemon Go).
• ARCore (Google): Platform AR yang kompatibel dengan perangkat Android. ARCore menjangkau pengguna yang lebih luas karena Android memiliki pangsa pasar yang besar. Beberapa fiturnya termasuk cloud anchors yang memungkinkan interaksi antara berbagai orang dari berbagai gadget dengan elemen AR yang sama dalam ruang bersama sehingga membuka jalan bagi pertemuan augmented reality sosial dan kolaboratif yang baru. Kasus penggunaan: Aplikasi ritel dan pemasaran, pengalaman berbasis lokasi, pengalaman sosial AR.
• Vuforia (PTC): Platform AR yang kompatibel dengan berbagai perangkat (iOS, Android, UWP). Memiliki kinerja luar biasa dalam hal mengenali objek, sehingga sangat cocok untuk industri yang sangat membutuhkan fungsionalitas ini, seperti perusahaan manufaktur atau distribusi. Kasus penggunaan: Aplikasi industri, panduan pemeliharaan dan perbaikan, kampanye pemasaran dengan pengenalan gambar.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by FEBRINA RAHMADIANTI PUTRI -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menghadirkan elemen digital, seperti gambar, suara, atau animasi, ke dalam lingkungan fisik atau dunia nyata. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang ditambahkan dalam pandangan mereka terhadap dunia nyata. Cara kerja AR melibatkan penggunaan perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR yang dilengkapi dengan kamera dan sensor untuk mengenali lingkungan sekitar dan menampilkan konten tambahan secara real-time. Hal ini memungkinkan pengguna untuk merasakan informasi tambahan yang tidak bisa terlihat langsung oleh mata.
Implementasi AR dalam Pemasaran:
-Kampanye Promosi yang Kreatif
-Pengalaman Belanja Interaktif
-Peningkatan Engagement Konsumen

2. Platform Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan elemen digital yang diintegrasikan ke dalam lingkungan nyata melalui perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR. AR menggabungkan objek virtual, seperti gambar, teks, atau objek 3D, dengan dunia fisik sehingga tampak seolah-olah objek tersebut benar-benar ada di sekitar kita. Dengan menambahkan elemen digital tanpa menggantikan realitas sepenuhnya, AR memberikan pengalaman yang lebih imersif dibandingkan dengan Virtual Reality (VR).
Beberapa komponen penting dalam platform AR:
-Pendeteksian Lingkungan
-Pelacakan Gerakan
-Rendering Grafis 3D
-Interaksi Pengguna
Contoh platform AR yang umum digunakan antara lain:
-ARKit (Apple): Digunakan untuk membuat aplikasi AR di perangkat iOS.
-ARCore (Google): Platform AR yang digunakan untuk perangkat Android.
-Microsoft HoloLens: Menggunakan teknologi AR melalui perangkat khusus berupa kacamata untuk pengalaman yang lebih imersif.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by HANUN SYAHIDAH ULFYA -
1. AR adalah teknologi yang menggabungkan elemen digital dengan dunia nyata, memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan objek digital seolah-olah mereka ada di dunia nyata. dengan menambahkan elemen digital interaktif, seperti teks, suara, video, grafik, atau data sensor lainnya. Dalam pemasaran, AR dapat menciptakan
pengalaman yang lebih imersif dan interaktif bagi konsumen. Adapun jenis-jenisnya, yaitu:
• marker-based AR
• markerless AR
• superimposition-based AR

Adapun perangkat yang digunakan untuk AR:
• smartphone dan tablet
• kacamata AR
• proyektor

2. Platform augmented reality (AR) adalah sistem atau kerangka kerja yang menyediakan alat, perangkat lunak, dan lingkungan untuk mengembangkan, mengelola, dan mengimplementasikan aplikasi berbasis AR. Platform ini membantu para pengembang untuk menciptakan pengalaman AR yang interaktif dan menarik dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia, seperti pelacakan lokasi, pemetaan, pengenalan objek, serta integrasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya.

fitur-fitur yang dimilikinya, yatu:
• ARKit (apple)
• ARCore (google)
• Vuforia
• Unity dengan AR Foundation
• Spark AR Studio (meta)
• Microsoft HoloLens dan MRTK (Mixed Reality Toolkit)
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by MIFTAHUL JANNAH -
1. Penjelasan tentang Augmented Reality (AR):
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen digital secara interaktif dan real-time. Dengan AR, pengguna dapat melihat lingkungan nyata yang dipadukan dengan objek virtual seperti gambar, suara, video, atau data 3D yang ditampilkan melalui perangkat tertentu, seperti smartphone, tablet, atau headset AR.

Karakteristik utama AR:
- Interaktif: Berfungsi secara real-time.
- Gabungan Dunia Nyata dan Virtual: AR melapisi elemen digital pada dunia nyata.
- Kesadaran Ruang: AR dapat mengenali lingkungan fisik pengguna untuk mengintegrasikan elemen digital secara tepat.

Contoh penggunaan AR:
- Edukasi: Simulasi interaktif untuk pembelajaran.
- Bisnis: Pemasaran produk dengan visualisasi 3D.
- Gaming: Game seperti Pokémon GO.
- Kesehatan: Simulasi anatomi tubuh untuk pelatihan medis.

2. Penjelasan tentang Platform Augmented Reality (AR):
Platform Augmented Reality (AR) adalah perangkat lunak atau framework yang menyediakan alat dan teknologi bagi pengembang untuk membuat aplikasi atau pengalaman berbasis AR. Platform ini biasanya mencakup fitur seperti pelacakan lokasi, pengenalan objek, rendering grafik, dan integrasi data digital ke lingkungan nyata.

Contoh Platform AR Populer:
- ARKit (Apple): Digunakan untuk mengembangkan aplikasi AR di perangkat iOS. Memanfaatkan teknologi kamera dan sensor untuk pelacakan gerakan dan pengenalan lingkungan.
- ARCore (Google): Digunakan pada perangkat Android untuk mendukung aplikasi AR dengan kemampuan pelacakan gerakan, deteksi permukaan, dan penghitungan cahaya.
- Vuforia: Platform lintas perangkat yang mendukung pengembangan AR di berbagai sistem operasi, termasuk Android dan iOS.
- Microsoft HoloLens: Sebuah headset AR yang mendukung aplikasi berbasis Mixed Reality.
- Snapchat Lens Studio: Platform untuk membuat filter AR interaktif.

Fungsi Utama Platform AR:
1. Pemetaan dan Pelacakan: Memetakan lingkungan nyata untuk melacak posisi objek digital.
2. Rendering Objek 3D: Menampilkan objek digital secara realistis.
3. Interaksi Pengguna: Memberikan pengalaman yang interaktif.
4. Dukungan SDK (Software Development Kit): Memberikan alat pengembangan untuk aplikasi berbasis AR.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by ADINDA AGHNIA FATIHIN -
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital secara interaktif dan real-time. Dengan AR, objek digital seperti gambar, video, atau model 3D dapat ditempatkan dan ditampilkan dalam lingkungan nyata melalui perangkat suatu seperti smartphone, tablet, atau kacamata khusus AR.

Komponen Utama AR:
1. Hardware
- Perangkat : Smartphone, tablet, smart glasses (misalnya Microsoft HoloLens).
- Sensor dan Kamera : Digunakan untuk menangkap lingkungan nyata.
- Processor dan Display : Mengolah data dan menampilkan elemen AR.

2. Software
- AR SDK (Software Development Kit) : Misalnya ARKit (Apple), ARCore (Google), dan Vuforia, yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi AR.
- Algoritma Computer Vision : Mengidentifikasi dan melacak objek di dunia nyata.

Fungsi dan Penerapan AR:
1. Bisnis dan Pemasaran
- Virtual Try-On : Pengguna bisa mencoba pakaian, kacamata, atau make-up secara virtual.
- Iklan Interaktif : Pengguna dapat berinteraksi dengan produk secara digital.

2. Edukasi
- Simulasi interaktif untuk mempelajari topik kompleks, seperti anatomi tubuh manusia atau struktur molekul.

3. Game dan Hiburan
- Contoh populer: Pokémon GO, yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen game.

4. Kesehatan
- Digunakan dalam pelatihan medis dan pembedahan berbasis simulasi.

5. Manufaktur dan Desain
- Membantu dalam perencanaan desain produk dan perakitan dengan overlay digital.

Kelebihan AR:
- Interaktivitas : Memberikan pengalaman yang lebih menarik dan mendalam.
- Efisiensi : Mengurangi waktu dan biaya dalam berbagai proses bisnis.
- Personalisasi : Pengalaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tantangan AR:
- Keterbatasan Hardware : Tidak semua perangkat mendukung AR.
- Biaya Pengembangan : Membutuhkan sumber daya yang signifikan.
- Privasi dan Keamanan : Risiko data pengguna yang dikumpulkan melalui perangkat AR.

Platform Augmented Reality (AR) adalah perangkat lunak atau ekosistem yang menyediakan alat dan layanan untuk mengembangkan, mengelola, dan menjalankan aplikasi AR. Platform ini memudahkan pengembang untuk menciptakan pengalaman AR tanpa harus membangun teknologi dasar dari awal.

Komponen Utama Platform AR:
1. Software Development Kit (SDK)
- SDK menyediakan kerangka kerja, pustaka, dan alat pengembangan untuk menciptakan aplikasi AR.

2. Tools dan Editor Visual
- Alat untuk membuat dan memodifikasi konten AR, seperti model 3D dan animasi.

3. Integrasi Sensor dan Kamera
- Memungkinkan aplikasi untuk menangkap lingkungan sekitar dan menambahkan elemen AR secara akurat.

4. API dan Framework
- Memberikan akses ke fitur khusus seperti pelacakan gerakan, pengenalan objek, atau pengukuran kedalaman.

Contoh Platform AR Populer:
1. ARKit (Apple)
- Platform AR untuk perangkat iOS.
- Fitur unggulan: pelacakan gerakan wajah, pemahaman lingkungan, dan deteksi permukaan.

2. ARCore (Google)
- Platform AR untuk perangkat Android.
- Fitur unggulan: pelacakan gerakan, estimasi cahaya, dan pemahaman geometri dunia nyata.

3. Vuforia (PTC)
- Platform lintas perangkat.
- Fitur unggulan: pelacakan berbasis marker (gambar) dan markerless, serta integrasi cloud.

4. Microsoft HoloLens (Mixed Reality Toolkit)
- Platform untuk kacamata AR/MR HoloLens.
- Fitur unggulan: pelacakan spasial dan interaksi berbasis gerakan tangan.

5. 8thWall
- Platform berbasis web (WebAR).
- Fitur unggulan: memungkinkan pengalaman AR melalui browser tanpa aplikasi khusus.

6. Snap Lens Studio
- Digunakan untuk membuat efek AR di aplikasi Snapchat.
- Fitur unggulan: interaksi berbasis wajah dan lingkungan.

7. Unity dan Unreal Engine
- Mesin game yang mendukung pengembangan AR melalui plugin seperti ARKit dan ARCore.

Fungsi dan Kegunaan Platform AR:
1. Pengembangan Aplikasi
- Mempermudah pembuatan aplikasi AR untuk berbagai kebutuhan, seperti pendidikan, bisnis, atau hiburan.

2. Simulasi dan Pelatihan
- Digunakan untuk menciptakan lingkungan simulasi dalam pelatihan medis, militer, atau industri.

3. Pemasaran dan Iklan
- Membantu perusahaan membuat kampanye interaktif, seperti produk virtual try-on atau showcase produk.

4. Game dan Hiburan
- Menghadirkan pengalaman interaktif di dunia nyata.

Kelebihan Menggunakan Platform AR:
- Efisiensi Waktu : Mengurangi waktu pengembangan karena sudah tersedia alat dan pustaka.
- Kemudahan Penggunaan : Memungkinkan pengembang pemula untuk menciptakan aplikasi AR.
- Kompatibilitas : Mendukung berbagai perangkat dan sistem operasi.
- ⁠Tantangan dalam Penggunaan Platform AR:
- Ketergantungan pada Perangkat : Tidak semua perangkat mendukung AR dengan baik.
- Keterbatasan SDK : Tidak semua platform memiliki fitur yang sama, sehingga pemilihan platform harus sesuai kebutuhan.
- Biaya Lisensi : Beberapa platform berbayar atau membutuhkan langganan premium.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by YOLA TIRTA NURFAJRIYA -
Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan digital. Augmented reality memungkinkan kita untuk membuat bentuk 3d dari berbagai macam benda. Contohnya seperti sepatu, tas, dll. Dengan augmented reality kita dapat mengefisiensi waktu, tempat, dan tenaga karena tidak memerlukan ruang dan waktu yang luas.

Platform AR yang saya ketahui adalah Assembler studio dan Polycam. Di polycam kita dapat scan barang yang akan kita buat konten AR nya dan diexpor ke Assembler studio. Di assembler studio kita dapat membuat konten AR dan membuat link yang dapat kita share ke sosial media.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by MUHAMMAD ALFIAN ILYASSA -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital secara real-time. Dengan AR, elemen visual, audio, atau data lain diproyeksikan ke lingkungan dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone, tablet, atau headset khusus. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual seolah-olah objek tersebut berada di dunia nyata.

2.Platform Augmented Reality (AR) adalah lingkungan atau perangkat lunak yang menyediakan alat dan kerangka kerja untuk mengembangkan, mengelola, dan menyajikan pengalaman AR. Platform ini membantu pengembang membuat aplikasi AR dengan fitur seperti pelacakan gerak, pengenalan objek, dan rendering 3D.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by DWI ARYANTA ZIMRAN -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital atau maya melalui perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau kacamata khusus. Dalam AR, objek digital ditumpangkan atau dipadukan dengan lingkungan fisik real-time, menciptakan pengalaman interaktif dan imersif.

2. Platform AR adalah kerangka kerja atau alat pengembangan yang memungkinkan pembuat aplikasi menciptakan pengalaman AR. AR juga merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital, dengan berbagai platform yang memfasilitasi pengembangannya.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by ICHSAN NUR FAHMI -
1. Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menambahkan informasi digital—seperti gambar, suara, video, dan data lainnya—ke dalam dunia nyata, sehingga memperkaya persepsi kita terhadap lingkungan sekitar.
2. Platform Augmented Reality (AR) adalah sistem atau perangkat lunak yang mendukung pengembangan dan penggunaan aplikasi AR. Platform ini menyediakan alat, perangkat, dan lingkungan yang memungkinkan pengembang untuk membuat, mengelola, serta menyebarkan konten AR dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa contoh platform AR populer:

1. ARKit (Apple)
2. ARCore (Google)
3. Vuforia
4. Unity dengan AR Foundation
5. Microsoft HoloLens (Mixed Reality)
6. Spark AR Studio (Meta)
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by IKHWANUL AKMAL -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek atau informasi digital dengan dunia nyata secara real-time.

2. Platform Augmented Reality (AR) adalah lingkungan atau perangkat lunak yang mendukung pengembangan dan penggunaan aplikasi AR. Platform ini menyediakan berbagai alat, framework, dan layanan yang membantu pengembang dalam menciptakan aplikasi AR, dari tahap pengembangan hingga implementasi.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by HANA AURORA AIDA RAHMA -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan elemen digital dengan dunia nyata, memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan objek digital seolah-olah mereka ada di dunia nyata. Dengan menambahkan elemen digital interaktif, seperti teks, suara, video, grafik, atau data sensor lainnya. Dalam pemasaran, AR dapat menciptakan
pengalaman yang lebih imersif dan interaktif bagi konsumen.

*Adapun jenis-jenisnya, yaitu:
• marker-based AR
• markerless AR
• superimposition-based AR

*Adapun perangkat yang digunakan untuk AR:
• smartphone dan tablet
• kacamata AR
• proyektor

2. Platform Augmented Reality (AR) adalah sistem atau kerangka kerja yang menyediakan alat, perangkat lunak, dan lingkungan untuk mengembangkan, mengelola, dan mengimplementasikan aplikasi berbasis AR. Platform ini membantu para pengembang untuk menciptakan pengalaman AR yang interaktif dan menarik dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia, seperti : pelacakan lokasi, pemetaan, pengenalan objek, serta integrasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya.

*Fitur-fitur yang dimilikinya, yatu:
• ARKit (apple)
• ARCore (google)
• Vuforia
• Unity dengan AR Foundation
• Spark AR Studio (meta)
• Microsoft HoloLens dan MRTK (Mixed Reality Toolkit)
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by SATRIO AKBAR SANYOTO -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan elemen digital (seperti gambar, video, atau model 3D) ke dalam dunia nyata secara real-time.

2. Platform AR adalah perangkat lunak atau lingkungan pengembangan yang menyediakan berbagai alat dan fitur untuk membuat pengalaman AR. Platform ini memungkinkan pengembang, desainer, dan bahkan pengguna biasa untuk menciptakan aplikasi AR tanpa perlu menulis kode dari awal.

Contoh Platform AR Populer:
- Unity: Salah satu platform game engine yang paling populer, Unity juga menyediakan alat yang kuat untuk membuat pengalaman AR.
- Unreal Engine: Sama seperti Unity, Unreal Engine juga digunakan untuk membuat game, tetapi juga memiliki fitur yang sangat baik untuk pengembangan AR.
- ARKit (Apple): Khusus untuk perangkat iOS, ARKit menyediakan toolkit untuk membangun aplikasi AR yang memanfaatkan fitur-fitur canggih dari perangkat Apple.
- ARCore (Google): Mirip dengan ARKit, ARCore ditujukan untuk perangkat Android dan menyediakan fitur-fitur serupa.
- Vuforia: Platform AR yang populer dengan fokus pada pelacakan gambar dan objek.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by PINKAN PRILIA MAHMUDAH -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual melalui perangkat digital, seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR khusus. Dengan AR, pengguna dapat melihat lingkungan nyata di sekitar mereka yang ditingkatkan dengan tambahan informasi digital, seperti gambar, suara, video, atau animasi yang muncul di atas tampilan dunia nyata. Secara teknis, AR bekerja dengan mengidentifikasi titik referensi di lingkungan nyata (biasanya melalui kamera perangkat) dan kemudian menambahkan elemen digital di atasnya. Elemen-elemen ini bisa berfungsi untuk menambah informasi, interaksi, atau hiburan, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih mendalam bagi pengguna.

2. Platform Augmented Reality
- ARCore (Google): Platform ini memungkinkan pengembangan AR untuk perangkat Android. Fitur utamanya meliputi pelacakan gerakan, pemahaman lingkungan, dan estimasi cahaya. ARCore juga mendukung integrasi dengan platform Android Studio untuk memudahkan proses pengembangan.

- ARKit (Apple): Dikembangkan oleh Apple khusus untuk iOS, ARKit menawarkan fitur-fitur seperti pelacakan wajah, deteksi permukaan, dan rendering 3D. Platform ini memungkinkan pengalaman AR yang kaya di perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad.

- Vuforia: Platform AR yang populer untuk pengembangan aplikasi lintas perangkat. Vuforia menawarkan fitur seperti pelacakan berbasis marker, pelacakan objek, dan deteksi model 3D, sehingga cocok untuk aplikasi bisnis dan industri, termasuk pemasaran produk dan pelatihan.

- Unity dengan AR Foundation: Unity adalah mesin game yang menyediakan AR Foundation, alat untuk mengembangkan aplikasi AR secara lintas platform dengan menggunakan API yang konsisten. AR Foundation dapat bekerja dengan ARCore dan ARKit, memungkinkan pengembangan AR yang efisien untuk Android dan iOS.

- Spark AR Studio (Meta): Platform ini digunakan untuk menciptakan filter AR untuk Instagram dan Facebook. Spark AR menyediakan alat untuk membuat efek visual dan filter berbasis AR tanpa memerlukan kemampuan pemrograman yang mendalam, sehingga cocok bagi kreator konten.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by LUQMAN BAIHAQI -
1. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen virtual secara real-time. AR biasanya diakses melalui perangkat seperti smartphone dan tablet. Dalam AR, elemen virtual seperti gambar, video, objek 3D, atau data tambahan lainnya diproyeksikan ke lingkungan nyata pengguna, sehingga menciptakan pengalaman interaktif di mana dunia nyata dan digital saling melengkapi.
Contoh penggunaan Augmented Reality (AR) sangat beragam dan diterapkan di berbagai bidang. Berikut beberapa contohnya:

1). Permainan dan Hiburan:

Pokémon GO: Pemain dapat menangkap Pokémon yang tampak berada di lokasi dunia nyata.

2). Retail dan E-Commerce:

IKEA Place: Aplikasi yang memungkinkan pengguna "mencoba" furnitur di rumah mereka secara virtual untuk melihat bagaimana tampilannya sebelum membeli.

3). Navigasi dan Perjalanan:

Google Maps Live View: Menampilkan petunjuk arah di layar saat pengguna melihat jalan melalui kamera, sehingga pengguna lebih mudah menemukan rute dan arah yang benar.

4). Bidang Medis:

AccuVein: Alat yang memanfaatkan AR untuk membantu dokter atau perawat menemukan pembuluh darah pasien, yang memudahkan proses pengambilan darah atau pemberian infus.

2. Platform Augmented Reality (AR) adalah perangkat lunak atau ekosistem teknologi yang mendukung pengembangan, penyebaran, dan penggunaan aplikasi AR. Platform ini menyediakan alat, pustaka, dan layanan yang memungkinkan pengembang untuk membuat pengalaman AR yang interaktif dengan menambahkan objek virtual ke dunia nyata. Beberapa platform AR juga mendukung pelacakan, pengenalan objek, pemetaan 3D, dan integrasi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Berikut adalah beberapa contoh dan fitur umum yang terdapat pada platform AR:

1). Platform AR Berbasis Perangkat Lunak

ARKit (Apple): Dirancang khusus untuk perangkat iOS, ARKit memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi AR dengan kemampuan pelacakan gerakan, deteksi permukaan datar, pencahayaan realistis, dan lainnya.

2). Platform AR Berbasis Web (WebAR)

8th Wall: 8th Wall memungkinkan pengembangan aplikasi AR yang dapat diakses langsung melalui browser tanpa memerlukan aplikasi terpisah, sehingga lebih mudah diakses oleh pengguna.

3). Platform AR dengan Dukungan Perangkat Keras Khusus

Microsoft HoloLens: Platform AR berbasis perangkat keras yang menggunakan HoloLens, headset yang memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan hologram di lingkungan nyata.

4). Fitur Umum dalam Platform AR

Pelacakan Gerakan: Fitur ini memungkinkan aplikasi AR untuk melacak posisi perangkat pengguna dalam ruang tiga dimensi sehingga elemen virtual dapat ditempatkan secara akurat.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by RAFA NURWISHALIZAKIY PUTRA FERKA -
1. augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan elemen digital dengan dunia nyata, memungkinkan pengguna melihat dan ber interaksi dengan objek djgital seolah olah mereka ada di dunia nyata, juga augmented reality dapat di gunakan dalam berbagai bidang, termasuk pemasaran, dimana AR dapat menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan terlibatnya konsumen
2. platform augmented reality merupakan lingkungan atau alat yang memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi yang mengintegrasikan elemen digital kedalam dunia nyata. platform ini menyediakan teknologi dan sumber daya yang di perlukan untuk mengembangkan pengalaman AR. contoh platform :
1. ARKit merupakan platform dari apple untuk perangkat iOS yang memanfaatkan kamera dan sensor untuk menempatkan objek virtual.
2. ARCore yaitu platform yang dikumpulkan oleh google untuk perangkat android dengan menggunakan teknologi serupa untuk pelacakan dan pengenalan ruang.
3. Unity merupakan alat desaign yang mendukung pengembangan AR di berbagai platform, memungkinkan pembuatan konten aplikasi AR yang kompleks dan interaktif
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by RESTIAYU SEKAR UTAMI -
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menghadirkan elemen digital, seperti gambar, suara, atau animasi, ke dalam lingkungan fisik atau dunia nyata. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang ditambahkan ke dalam pandangan mereka tentang dunia nyata.
Perkembangan AR pertama kali diusulkan dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai konsep untuk menggabungkan elemen virtual ke dalam dunia nyata, pada awal abad ke-21, teknologi AR mulai menunjukkan potensinya dalam aplikasi komersial.
Dalam beberapa tahun terakhir, AR telah berkembang pesat dengan munculnya platform dan perangkat keras yang lebih canggih. Salah satu dorongan besar untuk perkembangan AR adalah keberhasilan Pokemon Go pada tahun 2016, yang menjadi fenomena global dan menunjukkan potensi besar teknologi ini dalam memanfaatkan data lokasi dan pengalaman pengguna yang imersif.
Implementasi AR dalam Pemasaran:
Kampanye Promosi yang Kreatif
Pengalaman Belanja Interaktif
Peningkatan Engagement Konsumen


Platform Augmented Reality

a. ARKit adalah kerangka kerja (framework) yang dikembangkan oleh Apple untuk menciptakan pengalaman augmented reality (AR) pada perangkat iOS.
b. ARCore adalah kerangka kerja yang dikembangkan oleh Google untuk menciptakan pengalaman augmented reality (AR) pada perangkat Android.
c. Unity adalah platform pengembangan yang sangat populer dan serbaguna untuk membuat permainan video, simulasi, dan aplikasi interaktif
f. Spark AR Studio adalah alat pengembangan yang dikembangkan oleh Meta (sebelumnya Facebook) untuk membuat efek augmented reality (AR) yang dapat digunakan di platform seperti Facebook dan Instagram.
g. Blippar adalah perusahaan teknologi augmented reality (AR) yang menyediakan platform dan alat untuk membuat pengalaman AR yang interaktif dan imersif.
h. Zappar adalah platform dan perusahaan teknologi yang menyediakan solusi augmented reality (AR) dan mixed reality (MR) untuk berbagai industri, termasuk pemasaran, pendidikan, dan hiburan.
Assemblr Studio adalah platform serba bisa untuk membuat konten 3D dan Augmented Reality (AR) dengan mudah, bahkan tanpa perlu keahlian coding.
In reply to HANIF ZAIDAN SINAGA

Re: Pengenalan Augmented Reality (AR) - A

by ZAIEQ ZIDANE AL FAZA -
1. Augmented Reality (AR)adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen digital secara interaktif dalam waktu nyata. Dengan AR, objek virtual seperti gambar, animasi, atau informasi tekstual dapat ditempatkan di atas lingkungan fisik yang dilihat melalui perangkat seperti ponsel pintar, tablet, atau kacamata khusus AR. Contohnya adalah aplikasi yang menampilkan arah atau informasi di layar saat kita melihat lingkungan sekitar melalui kamera. Teknologi AR banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, periklanan, kesehatan, dan hiburan.

2. Platform Augmented Reality (AR)adalah perangkat lunak atau lingkungan yang menyediakan alat dan framework untuk membuat, mengembangkan, dan mengimplementasikan konten AR. Beberapa platform populer adalah:

- ARKit (oleh Apple): Platform AR khusus untuk perangkat iOS, memungkinkan pengembang membuat pengalaman AR yang dapat memanfaatkan sensor dan kamera pada perangkat iPhone dan iPad.

- ARCore (oleh Google): Platform untuk perangkat Android yang menawarkan alat pengembangan AR untuk mendeteksi permukaan, mengenali lingkungan, dan memperkirakan pencahayaan.

- Unity dan Unreal Engine: Meski ini adalah game engine, keduanya memiliki plugin untuk AR yang memungkinkan pengembangan pengalaman AR yang kaya, terutama untuk aplikasi game atau simulasi.

- Vuforia: Platform AR yang mendukung berbagai perangkat dan memungkinkan pembuatan konten AR dengan deteksi objek yang kuat, pelacakan gambar, serta dukungan lintas platform.