1. Tantangan utama dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis teknologi di kelas adalah pertama pada jaringan internet yang tidak memadai akan membuat sebuah hambatan yang cukup besar bagi pengimplementasian strategi pembelajaran yang menggunakan teknologi, selain itu masalah infrastuktur seperti terbatasnya computer atau laptop kemudian proyektor dalam kelas juga dapat menghambat penggunaan teknologi secara efektif. kemudian kesiapan seorang guru dalam menggunakan pembelajaran berbasis teknologi juga dapat menjadi hambatan utama, mengingat banyak guru yang masih belum banyak memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran khsususnya kedalam guru yang sudah sepuh. Dan yang secara tidak sadar yang menjadi tantangan utama dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis teknologi adalah siswa itu sendiri, penggunaan teknologi di kelas memang menjadi dorongan untuk siswa dalam belajar, tetapi perlu diingat bahwa siswa dapat saja tergoda untuk membuka atau mengaakses media sosial atau konten lain yang tidak terkait dengan pembelajaran, hal ini yang dapat mengganggu konsentrasi dan fokus siswa selama pembelajaran berlangsung.
2. Cara yang efektif untuk mengelola kelas agar agar strategi pembelajaran yang direncanakan dapat berjalan dengan baik adalah denga dilakukan yakni:
- Perlunya membuat aturan yang jelas mengenai penggunaan teknologi dikelas, selain itu guru juga harus memberitahukan bahwa tujuan penggunaan teknologi dalam kelas, serta batasan yang harus dipatuhi oleh siswa dan jika siswa melanggar maka dapat diberi konsekuensi.
- Perlunya pelatihan dan dukungan bagi setiap guru, pelatihan ini dapat mencakup pengajaran bagaimana menggunakan atau meningkatkan keterampilan dalam menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.
- Memperbaiki infastruktur yang ada di sekolah, agar implementasikan strategi pembelajaran berbasis teknologi di kelas dapat terlaksana dengan lancer tanpa adanya gangguan atau hambatan dari manapun.
- Dapat menciptakan lingkungan yang kolaboratif, dengan menggunakan teknologi dapat membantu mendorong kolaborasi antar siswa, proyek antar kelompok seperti kolaborasi online juga dapat membantu siswa belajar satu sama lain dengan temannya.
- Perlunya monitoring dan evaluasi, guru dapat menggunakan umpan balik dari menerapkan strategi pembelajaran, umpan balik dapat membantu memahami guru apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Penyesuaian ini dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik lagi.