1.) Langkah-langkah utama dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran adalah:
1. Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran- Menentukan tujuan yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran.
2. Analisis Pelajar– Memahami karakteristik siswa seperti: Pengetahuan sebelumnya, gaya belajar, dan kebutuhan khusus.
3. Analisis Isi- mengevaluasi materi atau topik yang diajarkan dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran.
4. Analisis Lingkungan - Identifikasi kondisi dan sumber daya yang tersedia seperti peralatan, teknologi, dan waktu yang terbatas.
5.Penilaian Kesenjangan - Menilai perbedaan antara pengetahuan atau keterampilan yang dibutuhkan dan dasar siswa.
2.) Hasil analisis kebutuhan memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang perlu diajarkan, bagaimana cara mengajarkannya, dan pendekatan mana yang paling tepat, sehingga membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat sangat membantu. Mengetahui tujuan, karakteristik, dan kesenjangan siswa antara keadaan awal dan yang diinginkan memungkinkan guru untuk menyesuaikan metode, media, dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini memastikan pembelajaran menjadi lebih relevan, efektif, dan memenuhi kebutuhan spesifik siswa.