Diskusi Pembelajaran 2

Bagaimana teori pembelajaran kognitif dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif? 2. Apa perbedaan utama antara teori konstruktivis dan behavioristik dalam konteks pembelajaran?

Bagaimana teori pembelajaran kognitif dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif? 2. Apa perbedaan utama antara teori konstruktivis dan behavioristik dalam konteks pembelajaran?

by 220121603217 MAULIDIA FAIZATUL ISTIQOMAH -
Number of replies: 0

1. Teori pembelajaran kognitif menekankan proses mental internal siswa dalam memperoleh dan memproses informasi. Beberapa prinsip utama dan penerapannya:

Pengolahan Informasi :Sajikan materi secara terstruktur dan bertahap, Gunakan advance organizer untuk mengaktifkan pengetahuan awal, Berikan jeda untuk memproses informasi baru

Konstruksi Pengetahuan : Berikan Dorongan siswa untuk membangun pemahaman sendiri melalui eksplorasi, Kaitkan materi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki, Gunakan pertanyaan yang mendorong berpikir kritis siswa.

Memori dan Retensi : Sajikan informasi dalam chunks (bagian-bagian yang mudah diingat), Gunakan pengulangan dan latihan berkala, Manfaatkan multimedia untuk dual coding (verbal dan visual).

Motivasi dan Perhatian : Rancang aktivitas yang bermakna dan kontekstual, Berikan umpan balik konstruktif, Variasikan metode pembelajaran untuk menjaga focus.


Metakognisi : Ajarkan strategi belajar efektif, Dorong siswa merefleksikan proses belajarnya, Berikan kesempatan self-assessment

 

2. 

perbedaan utama antara teori konstruktivis dan behavioristik dalam pembelajaran dapat diuraikan dari beberapa aspek berikut :

a. Pandangan tentang Belajar

Konstruktivis: Belajar adalah proses aktif dimana siswa membangun pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang sudah ada
Behavioristik: Belajar adalah perubahan perilaku yang dapat diamati sebagai respon terhadap stimulus dari lingkungan


b. Peran Siswa

Konstruktivis: Siswa adalah subjek aktif yang mengkonstruksi pengetahuan sendiri
Behavioristik: Siswa adalah penerima pasif informasi yang merespon stimulus


c. Peran Guru

Konstruktivis: Guru sebagai fasilitator yang membantu siswa menemukan pengetahuan
Behavioristik: Guru sebagai pemberi informasi dan pengontrol pembelajaran


d. Metode Pembelajaran

Konstruktivis: Pembelajaran berbasis masalah, diskusi, proyek, eksperimen
Behavioristik: Ceramah, drill, latihan berulang, penguatan positif/negatif


e. Penilaian
Konstruktivis: Penilaian proses dan hasil, portofolio, proyek
Behavioristik: Fokus pada hasil akhir yang dapat diukur secara objektif