1.
Perbedaan utama antara model ADDIE dan SAM terletak pada struktur, fleksibilitas, keterlibatan pemangku kepentingan, dan kecepatan pengembangan. ADDIE menggunakan pendekatan linier dengan lima tahap berurutan (Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan, Evaluasi), sementara SAM bersifat iteratif dengan tiga tahap utama (Persiapan, Desain Iteratif, Pengembangan Iteratif) yang memungkinkan revisi berulang. SAM lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan ADDIE yang mengikuti urutan ketat. Keterlibatan pemangku kepentingan pada ADDIE terjadi terutama di awal dan akhir proses, sedangkan SAM mendorong kolaborasi berkelanjutan sepanjang pengembangan. Selain itu, ADDIE cenderung memakan waktu lebih lama karena sifat liniernya, sedangkan SAM lebih cepat berkat iterasi prototipe yang mendukung revisi dinamis. ADDIE cocok untuk proyek yang membutuhkan struktur jelas, sementara SAM ideal untuk proyek yang memerlukan fleksibilitas dan responsivitas tinggi.
2. Desain pembelajaran yang interaktif secara drastis meningkatkan keterlibatan peserta didik dengan mendorong partisipasi aktif lewat diskusi kelompok, permainan pendidikan, serta teknologi digital, sehingga siswa tidak hanya berperan sebagai pendengar pasif tetapi juga terlibat langsung dalam proses pendidikan. Karakter interaktif ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam, memberi kesempatan kepada siswa untuk memahami dan mengingat konsep dengan lebih efektif melalui eksplorasi dan penerapan pengetahuan dalam konteks yang nyata. Di samping itu, pembelajaran yang interaktif meningkatkan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreatifitas, komunikasi, dan kolaborasi melalui aktivitas yang mengedepankan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Media yang interaktif juga memberikan umpan balik langsung, yang membantu siswa untuk memahami perkembangan mereka dan memperbaiki kelemahan secara langsung. Dengan adanya aktivitas yang menyenangkan dan menantang, pembelajaran interaktif memperkuat minat, motivasi, dan keterlibatan siswa, yang membawa dampak positif pada pemahaman konsep serta pencapaian akademis mereka.