1. Apa perbedaan utama antara model ADDIE dan SAM dalam desain pembelajaran?
Perbedaan utama antara model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan SAM (Successive Approximation Model) terletak pada pendekatan dan fleksibilitasnya. ADDIE menggunakan pendekatan linier dan terstruktur, di mana setiap tahap harus selesai sebelum beralih ke tahap berikutnya, membuatnya ideal untuk proyek dengan kebutuhan yang jelas dan waktu yang cukup. Sebaliknya, SAM bersifat iteratif dan agile, memungkinkan pengembangan prototipe sejak tahap awal untuk menerima umpan balik secara cepat. SAM lebih cocok untuk proyek dengan kebutuhan yang dinamis atau saat tim membutuhkan solusi yang lebih adaptif. Meskipun ADDIE unggul dalam dokumentasi yang rinci, SAM menonjol dalam efisiensi waktu dan fleksibilitas, terutama dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi.
2. Bagaimana desain pembelajaran yang interaktif dapat mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses belajar?
Desain pembelajaran yang interaktif meningkatkan keterlibatan siswa dengan mendorong partisipasi aktif, memanfaatkan elemen visual, kinestetik, dan auditory untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik. Interaktivitas seperti simulasi, gamifikasi, kuis daring, atau diskusi langsung memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi secara langsung, sehingga memperkuat pemahaman dan retensi informasi. Selain itu, pembelajaran interaktif membuat siswa merasa memiliki kontrol atas proses belajar, yang dapat meningkatkan motivasi intrinsik mereka. Dengan memberikan umpan balik real-time, desain ini juga membantu siswa mengidentifikasi kesalahan dan memperbaikinya, menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan relevan. Secara keseluruhan, interaktivitas menjadikan proses belajar lebih dinamis dan meningkatkan keterlibatan siswa baik secara emosional maupun kognitif.