Flipped classroom membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan memungkinkan mereka belajar secara mandiri melalui video atau modul sebelum kelas, sehingga mereka dapat belajar dalam tempo sendiri dan mengulang bagian yang sulit. Saat di kelas, waktu digunakan untuk diskusi, pemecahan masalah, dan aktivitas kolaboratif, yang memperdalam pemahaman konsep. Model ini juga meningkatkan keterlibatan siswa karena mereka datang ke kelas dengan persiapan dan dapat memanfaatkan interaksi langsung dengan guru untuk mengatasi kesulitan belajar.
Gamifikasi dalam pembelajaran memberikan manfaat seperti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa melalui elemen permainan, seperti poin, tantangan, dan penghargaan. Aktivitas berbasis gamifikasi membuat pembelajaran lebih menarik, membantu siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi. Selain itu, gamifikasi menyediakan umpan balik instan, mengakomodasi berbagai gaya belajar, dan mendorong kolaborasi melalui permainan kelompok, menjadikan proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan.