Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial sebagai Dasar Perencanaan Pengembangan Wilayah

Pemetaan Sosial sebagai Dasar Perencanaan Pengembangan Wilayah

by SADIDA AMALIA IZZATUL HAQ -
Number of replies: 0

Untuk mengetahui Pemetaan Sosial sebagai Dasar Perencanaan Pengembangan Wilayah ada beberapa tahap-tahap yaitu :

1. Demografi wilayah meliputi letak geografis dan administrasi , kehidupan ekonomi sosial budaya , peta wilayah berdasarkan potensi dan kerentanan perspektif SOG ( jumlah penduduk , usia produktif , kemiskinan , penggangguran , dan masalah lainnya )

2. Stakeholders Analisis : menjelaskan hubungan antar aktor di wilayah yang telah kita petakan dalam satu peta.

Jadi pertama buat peta aktor dulu lalu deskripsikan perannya setiap aktor dalam peta aktor untuk kepentingan , kekuatan , dan posisi kemudian deskripsikan hubungan antarr aktor di wilayah.   Setiap aktor harus memiliki hubungan satu dengan yang lain , semakin banyak aktor yang dipetakan akan semakin memudahkan dalam melihat keseluruhan hubungan masyarakat. 

Dengan adanya stakeholder analysis tujuannya untuk mengetahui dimana posisi setiap aktor yang terlibat dan diliat dimana kekuatan dan ketertarikan seberapa besar kekuatan yang dimiliki dan ketertarikan terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat.

3. Identifkasi Mekanisme Forum : meliputi mengidentifikasi forum apa aja di wilayah itu dengan tujuannya agar jika ada sebuah kegiatan di masyarakat untuk pengembangan wilayah maka forumnya dapat menjadi salah satu pintu masuk untuk sosialisasi perencanaan wilayah dan forum bisa meliputi forum RT RW ,PKK , dll

4. Identifikasi masalah ssosial dan Analisis Masalah : meliputi deskripsi Identifikasi masalah sosial berupa kerentanan bencana kemudian permasalahan sosial seperti apa lalu masalah kelompok bisa meliputi masalah kelompok antara pemerintah dengan masyarakat , masalah kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya.

5. Sustainabel Livehood Aproach dan Kesiapsiagaan kebencanaan : meliputi jika tidak ada kerentanan kebencanaan maka diisi analisis melihat potensi wilayah itu tersebut dapat dijawab dengan potensi seperti SDA , SDM , SDS(SOSIAL) , SDI(INFRASTRUKTUR) , SDF(FINANSIAL). 

Sedangkan kesiapsiagaan kebencanaan meliputi : jika ada kerentanan kebencanaan maka diisi analisis melihat potensi wilayah 4 sisi dapat dijawab dengan sisi pencegahan dan mitigasi , kesiapsiagaan , tanggap darurat dan rehabilitasi dan rekonstruksi.

6. Rekomendasi Progam meliputi : kita membuat rekomendasi terkait progam atau rekomendasi pengembangan wilayah sesuai dengan kondisi wilayah.  dan buat suatu keterkaitan dengan aktor siapa saja yang dapat dilibatkan di forum apa saja yang bisa menjadi wadah sehingga terbentuknya potensi seperti apa yang bisa dimanfaatkan dengan jangka pendek maupun jangka panjang.