Diskusi Sesi Ke-14

Sesi 14

Sesi 14

by APRIL YANA YULIANI -
Number of replies: 0

Penggunaan penilaian formatif dan sumatif secara efektif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat membantu mengukur perkembangan keterampilan berbahasa siswa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) serta mendukung penguatan nilai-nilai karakter. Berikut adalah penjelasan dan contoh teknik penilaian yang sesuai untuk setiap jenis penilaian:

 

 

---

 

1. Penilaian Formatif

 

Penilaian formatif dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Tujuan utama adalah membantu siswa memperbaiki keterampilannya.

 

Contoh Teknik Penilaian Formatif

 

1. Menyimak: Diskusi Kelompok

 

Kegiatan: Siswa mendengarkan cerita pendek atau puisi yang dibacakan guru, kemudian mendiskusikan pesan moralnya dalam kelompok.

 

Penilaian: Guru mengamati keaktifan siswa dalam diskusi, pemahaman isi cerita, dan kemampuan mengidentifikasi nilai karakter seperti kerja sama dan toleransi.

 

Manfaat: Membantu siswa memahami isi cerita dan mengaplikasikan nilai moral dalam kehidupan.

 

 

 

2. Berbicara: Praktik Cerita Ulang

 

Kegiatan: Siswa menceritakan kembali cerita rakyat atau dongeng dengan kata-kata sendiri.