Berikut adalah contoh teknik penilaian untuk setiap keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis) serta penilaian karakter yang dapat diterapkan di kelas SD/MI. Penjelasan tentang bagaimana teknik-teknik tersebut membantu mengembangkan kompetensi berbahasa dan menanamkan nilai-nilai karakter siswa juga disertakan.
---
1. Keterampilan Menyimak
Teknik Penilaian: Tes Pemahaman Mendengar (Listening Comprehension)
Deskripsi: Guru membacakan sebuah cerita atau teks kepada siswa, lalu memberikan beberapa pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa terhadap isi cerita, karakter tokoh, serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.
Manfaat:
Pengembangan Kompetensi: Membantu siswa meningkatkan kemampuan mendengar secara aktif dan memahami informasi yang diberikan secara lisan.
Pengembangan Nilai Karakter: Siswa dapat memahami dan menghargai nilai-nilai yang terkandung dalam cerita (misalnya, kejujuran atau kerja sama) melalui pemahaman cerita yang didengar.
---
2. Keterampilan Berbicara
Teknik Penilaian: Presentasi atau Cerita Ulang
Deskripsi: Siswa diminta untuk menceritakan kembali cerita atau topik tertentu, baik secara individu atau dalam kelompok. Presentasi ini dapat berupa cerita yang mengandung nilai karakter, misalnya cerita tentang kerja sama atau persahabatan.
Manfaat:
Pengembangan Kompetensi: Meningkatkan keterampilan berbicara siswa, seperti kemampuan menyusun ide, mengorganisir informasi, dan berbicara dengan jelas di depan audiens.
Pengembangan Nilai Karakter: Melalui cerita yang dipresentasikan, siswa belajar menginternalisasi dan mengungkapkan nilai-nilai positif, seperti keberanian berbicara, rasa percaya diri, dan empati terhadap sesama.
---
3. Keterampilan Membaca
Teknik Penilaian: Ulasan Buku atau Cerita
Deskripsi: Setelah membaca sebuah teks atau buku cerita, siswa diminta untuk menulis atau menyampaikan ulasan mengenai cerita tersebut, termasuk tema, pesan moral, serta karakter tokoh dalam cerita.
Manfaat:
Pengembangan Kompetensi: Meningkatkan keterampilan siswa dalam menganalisis dan menafsirkan teks serta memahami isi bacaan dengan lebih mendalam.
Pengembangan Nilai Karakter: Siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai karakter dari cerita yang dibaca, seperti kejujuran, keberanian, atau kerjasama. Penilaian ini mengajarkan mereka untuk tidak hanya membaca untuk informasi, tetapi juga untuk mengambil hikmah dari setiap cerita.
---
4. Keterampilan Menulis
Teknik Penilaian: Penulisan Cerita atau Puisi Bertema Karakter
Deskripsi: Siswa diminta menulis cerita pendek atau puisi yang menggambarkan nilai-nilai karakter, misalnya cerita tentang persahabatan, kejujuran, atau tanggung jawab.
Manfaat:
Pengembangan Kompetensi: Membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis yang baik dengan memperhatikan struktur teks dan penggunaan bahasa yang jelas serta efektif.
Pengembangan Nilai Karakter: Menulis cerita dengan tema karakter mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyampaikan pesan moral, serta memperkuat pemahaman mereka tentang nilai-nilai positif yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
---
5. Penilaian Karakter
Teknik Penilaian: Observasi dan Pencatatan Perilaku (Behavioral Observation)
Deskripsi: Guru mengamati perilaku siswa selama proses pembelajaran, seperti kehadiran, sikap saat bekerja kelompok, kesungguhan dalam mengerjakan tugas, dan penghargaan terhadap teman. Guru juga dapat membuat pencatatan harian atau mingguan mengenai perkembangan karakter siswa.
Manfaat:
Pengembangan Kompetensi: Penilaian ini membantu siswa memahami pentingnya sikap yang baik dalam belajar, seperti kedisiplinan, kerja sama, dan tanggung jawab.
Pengembangan Nilai Karakter: Observasi memungkinkan guru untuk menilai dan memberi umpan balik tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam tindakan sehari