Diskusi Sesi Ke-15

Sesi 15

Sesi 15

oleh ERI SURYANINGSIH -
Jumlah balasan: 0

Penilaian Keterampilan:

Keterampilan Kognitif (Berpikir Tingkat Tinggi)

 

Teknik Penilaian: Tes Tertulis (Ulangan) dan Ujian Proyek

Penjelasan: Tes tertulis atau ulangan dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep dan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari. Ujian proyek, seperti tugas individu atau kelompok, dapat digunakan untuk mengukur kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi siswa dalam konteks dunia nyata.

Pengembangan Kompetensi: Tes tertulis melatih siswa untuk berpikir kritis dan mengingat informasi penting, sedangkan ujian proyek mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan problem solving dan kreativitas.

Keterampilan Praktik

 

Teknik Penilaian: Penilaian Portofolio dan Penilaian Kinerja

Penjelasan: Portofolio berisi kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan progres belajar mereka dalam suatu periode, sedangkan penilaian kinerja dilakukan dengan mengamati langsung bagaimana siswa melakukan tugas atau aktivitas tertentu (misalnya eksperimen, presentasi, atau demonstrasi).

Pengembangan Kompetensi: Teknik ini memungkinkan guru untuk melihat perkembangan keterampilan praktis siswa secara menyeluruh, dan memberi umpan balik yang lebih konkret tentang kekuatan serta area yang perlu diperbaiki.

2. Penilaian Karakter:

Karakter Sosial dan Kerjasama

 

Teknik Penilaian: Observasi dan Rubrik Penilaian Kerja Kelompok

Penjelasan: Guru dapat melakukan observasi langsung terhadap interaksi siswa dalam kegiatan kelompok atau proyek kolaboratif. Rubrik penilaian yang jelas dapat digunakan untuk menilai aspek-aspek seperti komunikasi, pengambilan keputusan, dan kontribusi individu dalam kelompok.

Pengembangan Nilai Karakter: Teknik ini mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi, dan empati. Siswa belajar bagaimana bekerja dalam tim dan menghargai kontribusi orang lain.

Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab

 

Teknik Penilaian: Penilaian Diri dan Penilaian Teman

Penjelasan: Siswa dapat diminta untuk menilai perilaku mereka sendiri melalui penilaian diri, serta melakukan penilaian terhadap teman sekelasnya. Ini membantu mereka merenungkan dan mengevaluasi tingkat kedisiplinan serta tanggung jawab mereka dalam menjalani tugas atau peran tertentu.

Pengembangan Nilai Karakter: Teknik ini mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan memperkuat kesadaran diri. Mereka juga belajar menghargai penilaian konstruktif dari orang lain.

Karakter Integritas dan Kejujuran

 

Teknik Penilaian: Studi Kasus dan Diskusi Kelompok

Penjelasan: Dalam studi kasus, siswa diberi situasi yang membutuhkan pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai moral dan etika. Diskusi kelompok dapat dilakukan untuk membahas keputusan yang diambil dan dampaknya terhadap integritas dan kejujuran.

Pengembangan Nilai Karakter: Teknik ini membantu siswa mengembangkan rasa keadilan, kejujuran, dan integritas dengan cara mengevaluasi situasi dari berbagai perspektif dan membuat keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai moral yang benar.

Kesimpulan:

Teknik Penilaian Keterampilan berfokus pada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam berbagai konteks, yang membantu mengembangkan kompetensi akademik dan keterampilan hidup yang relevan.

Teknik Penilaian Karakter membantu mengukur perkembangan nilai-nilai seperti kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan integritas yang penting dalam membentuk individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga beretika dan bertanggung jawab dalam masyarakat.