Diskusi Sesi Ke-9

Jawaban Diskusi 9

Jawaban Diskusi 9

by SELVI PRADANI -
Number of replies: 0

Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Kegiatan Menyimak dan Berbicara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa di SD/MI

Integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara berperan penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekaligus membentuk pribadi yang berkarakter. Berikut adalah uraian bagaimana kegiatan ini dapat dirancang dan dilaksanakan:

1. Kegiatan Menyimak

Kegiatan menyimak dapat digunakan sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai karakter seperti kesabaran, rasa hormat, dan tanggung jawab. Siswa dilatih untuk mendengarkan secara aktif, memahami pesan yang disampaikan, dan menghargai pembicara.

  • Contoh Implementasi:

    • Menyimak Cerita atau Dongeng: Guru menceritakan kisah yang mengandung nilai-nilai moral, seperti kejujuran (Malin Kundang) atau kerja keras (Si Kancil). Setelah menyimak, siswa diminta untuk mengidentifikasi pesan moral dalam cerita.
    • Diskusi Terarah: Siswa mendengarkan penjelasan teman atau guru tentang topik tertentu, misalnya tentang pentingnya menjaga lingkungan. Mereka kemudian memberikan tanggapan yang relevan.
  • Manfaat:

    • Mengembangkan keterampilan mendengarkan aktif dan pemahaman isi pesan.
    • Membiasakan siswa untuk menghargai sudut pandang orang lain.
    • Menanamkan nilai-nilai kesabaran dalam menunggu giliran berbicara.

2. Kegiatan Berbicara

Kegiatan berbicara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan ide, pendapat, atau cerita mereka, sambil menginternalisasi nilai-nilai karakter seperti keberanian, tanggung jawab, dan toleransi.

  • Contoh Implementasi:

    • Menceritakan Kembali Cerita: Siswa diminta untuk menceritakan kembali kisah yang telah mereka dengarkan, dengan penekanan pada pesan moral dalam cerita tersebut. Aktivitas ini mengasah keberanian berbicara di depan kelas dan memperkuat pemahaman nilai-nilai karakter.
    • Debat Mini dengan Topik Positif: Siswa berdiskusi atau berdebat tentang isu sederhana, misalnya "Manfaat Gotong Royong di Sekolah." Kegiatan ini mengajarkan toleransi terhadap perbedaan pendapat.
    • Presentasi Proyek Kelompok: Siswa mempresentasikan hasil proyek berbasis karakter, seperti pembuatan poster tentang nilai kebersihan atau kedisiplinan.
  • Manfaat:

    • Melatih keberanian siswa untuk berbicara di depan umum.
    • Membiasakan siswa untuk bertanggung jawab terhadap ide atau pendapat yang mereka sampaikan.
    • Menumbuhkan keterampilan bekerja sama dalam kelompok.

Strategi Pendukung

Untuk memastikan integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan menyimak dan berbicara berjalan efektif, guru dapat:

  • Memberikan contoh nyata dalam berperilaku dan berkomunikasi.
  • Memberikan umpan balik yang membangun terkait keterampilan berbicara siswa.
  • Membuat suasana kelas yang kondusif untuk diskusi terbuka, sehingga siswa merasa dihargai.