Diskusi Sesi Ke-5

Jawaban Diskusi 5

Jawaban Diskusi 5

by SELVI PRADANI -
Number of replies: 0

Penerapan Teknik Pembelajaran dalam Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI

Berikut adalah cara teknik bercerita, bermain peran, diskusi kelompok, menulis jurnal, dan tanya jawab dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa serta menanamkan nilai-nilai karakter:


1. Teknik Bercerita

  • Penerapan:
    Guru atau siswa menceritakan cerita rakyat, fabel, atau dongeng di depan kelas. Cerita dipilih yang relevan dengan pembelajaran bahasa dan karakter.
  • Keterampilan Berbahasa:
    • Menyimak: Siswa dilatih mendengarkan cerita dengan fokus.
    • Berbicara: Siswa dapat menyampaikan kembali cerita dengan kata-kata sendiri.
  • Nilai Karakter:
    • Cerita rakyat dapat menanamkan nilai kejujuran, kerja keras, dan keberanian.
  • Aktivitas:
    • Setelah mendengar cerita, siswa mendiskusikan nilai moral dan membuat versi cerita sendiri.

2. Teknik Bermain Peran

  • Penerapan:
    Siswa memerankan tokoh dalam cerita, drama, atau dialog sederhana yang sudah dipelajari.
  • Keterampilan Berbahasa:
    • Berbicara: Melatih pengucapan, intonasi, dan ekspresi bahasa.
    • Menyimak: Siswa lain mendengarkan dan memberikan tanggapan.
  • Nilai Karakter:
    • Bermain peran membantu siswa memahami nilai seperti empati, toleransi, dan kerja sama.
  • Aktivitas:
    • Membentuk kelompok untuk memainkan fabel atau cerita rakyat.

3. Teknik Diskusi Kelompok

  • Penerapan:
    Guru membagi siswa dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan tema dari teks sastra, seperti puisi atau cerpen.
  • Keterampilan Berbahasa:
    • Berbicara: Mengemukakan pendapat dengan argumen yang jelas.
    • Menyimak: Mendengarkan pendapat teman dan memberikan tanggapan.
  • Nilai Karakter:
    • Diskusi melatih tanggung jawab, keterbukaan, dan kerja sama.
  • Aktivitas:
    • Diskusi tentang tema dan pesan moral dari cerita rakyat atau puisi.

4. Teknik Menulis Jurnal

  • Penerapan:
    Siswa diminta menulis jurnal harian atau mingguan tentang pengalaman pribadi, kesan membaca cerita, atau opini terhadap karya sastra.
  • Keterampilan Berbahasa:
    • Menulis: Melatih struktur bahasa, ejaan, dan penyampaian ide.
    • Membaca: Jurnal siswa lain dapat dibaca sebagai bahan diskusi.
  • Nilai Karakter:
    • Refleksi pribadi dalam jurnal membantu menanamkan nilai kejujuran, introspeksi, dan rasa tanggung jawab.
  • Aktivitas:
    • Menulis jurnal tentang pelajaran moral dari cerita rakyat atau pengalaman mengikuti kegiatan tertentu.

5. Teknik Tanya Jawab

  • Penerapan:
    Guru memberikan pertanyaan terbuka seputar teks sastra, cerita, atau materi bahasa yang telah dipelajari, dan siswa menjawabnya secara bergantian.
  • Keterampilan Berbahasa:
    • Berbicara: Menyampaikan jawaban dengan jelas dan logis.
    • Menyimak: Mendengarkan pertanyaan dan jawaban teman lain.
  • Nilai Karakter:
    • Tanya jawab melatih kepercayaan diri, rasa ingin tahu, dan kesabaran.
  • Aktivitas:
    • Guru memberikan pertanyaan tentang tokoh dalam cerita rakyat, lalu siswa menjawab dengan pendapat pribadi.