1. Penilaian Keterampilan
Keterampilan yang dimaksud mencakup kemampuan psikomotorik atau praktik siswa dalam melaksanakan tugas tertentu.
Contoh Teknik:
Observasi Langsung: Guru mengamati siswa saat melakukan eksperimen, membuat kerajinan, atau mempraktikkan keterampilan tertentu (misalnya, olahraga atau seni). Guru menggunakan rubrik penilaian untuk menilai proses dan hasilnya.
Proyek: Siswa diminta membuat sebuah produk seperti laporan penelitian, video pembelajaran, atau karya seni. Hasil proyek dinilai berdasarkan rubrik yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil akhir.
Portofolio: Siswa mengumpulkan bukti kerja (seperti gambar, tulisan, atau hasil praktek) selama periode tertentu. Guru menilai perkembangan dan konsistensi keterampilan siswa.
Manfaat:
Melatih siswa berpikir kritis dan kreatif saat menyelesaikan tugas-tugas praktis.
Memberikan pengalaman langsung yang relevan dengan dunia nyata.
Meningkatkan rasa tanggung jawab karena siswa harus merancang dan menyelesaikan tugas secara mandiri atau kelompok.
2. Penilaian Karakter
Penilaian karakter menilai nilai-nilai seperti tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan kejujuran.
Contoh Teknik:
Jurnal Refleksi: Siswa menulis jurnal tentang pengalaman mereka, misalnya bagaimana mereka mengatasi kesulitan dalam tugas kelompok atau bagaimana mereka belajar dari kesalahan.
Penilaian Teman Sebaya: Siswa diminta untuk memberi penilaian pada teman satu kelompok berdasarkan aspek karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, atau kejujuran.
Skala Sikap: Siswa mengisi kuesioner atau skala sikap untuk menilai sejauh mana mereka menerapkan nilai-nilai tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
Observasi Perilaku: Guru mengamati perilaku siswa selama proses pembelajaran, seperti kedisiplinan hadir tepat waktu, inisiatif dalam diskusi, dan kejujuran saat ujian.
Manfaat:
Membantu siswa mengenali kekuatan dan kelemahan karakter mereka sendiri.
Mengembangkan kesadaran diri dan empati terhadap orang lain.
Mendorong pembentukan nilai-nilai moral dan etika dalam lingkungan sekolah.
Hubungan Teknik-Teknik Ini dengan Kompetensi dan Nilai-Nilai Karakter
Kompetensi: Teknik penilaian keterampilan seperti proyek dan portofolio menuntut siswa untuk menguasai konsep dan menerapkannya secara nyata, sehingga meningkatkan kompetensi berpikir kritis, problem-solving, dan kreativitas.
Nilai-Nilai Karakter: Teknik seperti jurnal refleksi dan penilaian teman sebaya mengajarkan siswa untuk introspeksi, menghargai kontribusi orang lain, serta menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.