Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

kewirausahaan sosial

kewirausahaan sosial

by Anisa Salsabila Tsania -
Number of replies: 0

Definisi Kewirausahaan

Hingga saat ini belum ada terminologi yang mendifinisikan persis mengenai kewirausahaan. Menurut Peter F. Drucker (1994) kewirausahaan merujuk kepada sifat, watak, dan ciri-ciri yang melekat dalam diri seseorang yang bertekad untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam usaha yang nyata. Menilik definisi diatas bahwa kewirausahaan adalah sebuah sifat atau watak yang ada dalam diri seseorang untuk mewujudkan gagasan  dengan inovasinya. 

Jenis Kewirausahaan

Tentu saja tidak, kita harus turut bergerak. Mewujudkan perbedaan diantara arus perubahan yang terjadi. Kewirausahaan perlu kita bangun dan asah menjadi suatu metode dan pola pikir yang ada di dalam diri. Kewirausahaan bukan hanya soal menghadirkan keuntungan dalam bidang ekonomi semata. Ada empat jenis kewirausahaan seperti yang 

diungkapkan oleh Ciputra (2009) dalam bukunya, yaitu : Business entrepreneur, Goverment entrepreneur, academic entrepreneur, dan social entrepreneur. 

Bussines entrepeneur sebagai bagian dari kewirausahaan yang paling dikenal dan perkembangannya sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Demikian terjadi karena landasan ekonomi sebagai kebutuhan pokok yang dipenuhi tentunya menimbulkan persaingan dalam mencapai pemenuhannya. Sudah awam terjadi berbagai persaingan inovasi dalam dunia bisnis manapun. Bahkan para perusahaan yang berbasis teknologi dan informasi sangat berlomba-lomba dalam inovasi produk yang diproduksinya. Karena produksi adalah ruh penggerak dalam menajalankan bisnisnnya.