Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Mengenali Potensi Diri

Re: Mengenali Potensi Diri

by RINA AJIZAH -
Number of replies: 0
Izin menjawab, langkah-langkah dalam mengenali potensi diri dan diskusikan
1. Buat keputusan untuk berkembang
Langkah pertama untuk menemukan potensi diri adalah dengan membuat keputusan secara sadar adanya keinginan untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik

2. Kenali diri sendiri
Untuk dapat mengenali diri sendiri, bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu tentang bagaimana mereka melihat kepribadianmu. Kebanyakan orang mungkin tidak akan memberitahu secara langsung apa hal yang tidak mereka sukai dari dirimu. Tapi jika kamu meminta pendapat jujur mereka dan memberi tahu tujuanmu adalah untuk lebih mengenal dirimu sendiri, tentu orang lain akan menjawabnya. Ketika kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihanmu juga kekuatan dan kelemahanmu, maka kamu juga akan mengetahui apa saja yang harus kamu kembangkan dan perbaiki.

3. Menyingkirkan rasa takut akan kegagalan
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pemikiran kita tentang kegagalan akan sangat mungkin membuat seseorang meragukan tentang potensi diri yang dimilikinya.
Sebuah kegagalan seharusnya tidak menghalangi kamu untuk terus menggali potensi diri dan mengembangkannya. ntuk dapat menemukan potensi diri, kamu harus selalu menganggap bahwa kegagalan adalah sebuah hal yang wajar terjadi pada setiap usaha yang kamu lakukan.
Jika kamu sudah tidak merasa takut pada kegagalan, maka akan dapat menjadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran dan alasan untuk berusaha lebih baik lagi dalam mencapai yang kamu inginkan.

4. Tetapkan tujuan
Tujuan yang kamu tetapkan bukan sekedar tujuan besar dan umum seperti “ingin menjadi orang sukses” atau sejenisnya, tapi juga tujuan-tujuan kecil yang nantinya juga akan membantu kamu memncapai tujuan besar dalam hidupmu. Pastinya akan lebih mudah untuk kamu mencapai sesuatu ketika kamu mengetahui secara spesifik apa hal yang kamu inginkan dan akan kamu lakukan.

5. Meraih tujuan melalui langkah kecil
Ketika kamu berhasil mengambil langkah kecil, kamu akan membuktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu dapat melakukan lebih dari yang kamu pikirkan. Mencapai tujuan kamu melalui langkah-langkah kecil juga akan lebih mempermudah kamu untuk mempelajari potensi diri yang kamu miliki.
Jika kamu merasa kesulitan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa belajar dari orang-orang yang telah mencapai tujuan yang sama.

6. Buat daftar pencapaian
Langkah selanjutnya yang dapat membantu kamu menemukan potensi diri adalah dengan membuat daftar hal-hal yang telah kamu capai. Selain sebagai apresiasi pada dirimu sendiri, daftar kesuksesan ini juga akan sangat membantu kamu terutama saat kamu menghadapi kendala ketika ingin mencapai tujuanmu yang lain. Kamu akan kembali percaya diri karena kamu tahu bahwa kamu sebelumnya juga memiliki tujuan dan telah berhasil mencapainya. Pada dasarnya, pencapaian besar adalah kumpulan dari banyak pencapaian kecil yang sudah kamu lakukan.

7. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain
Ketika melihat orang lain memiliki pencapaian yang lebih besar, cukup dijadikan motivasi diri bahwa jika orang lain bisa mencapainya, kamu juga tentunya akan bisa menuju ke sana.Ketika sudah menemukan potensi diri dan dapat mengembangkannya, tujuan yang kamu inginkan juga tentunya akan lebih mudah tercapai.