Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Pengembangan diri

Pengembangan diri

by LALU TOPAN HIDAYAT -
Number of replies: 0

Pengembangan diri mulai dikaitkan dengan dunia psikologi pertama kali oleh Carl Jung dan Alfred Adler. Pengembangan diri adalah segala kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan identitas diri, serta pengembangan bakat dan potensi seseorang. Dalam hal ini, pengembangan dan konsep diri dalam dunia psikologi memiliki peranan penting untuk dipelajari lebih lanjut.  

 

Adapun kegiatan serta tujuan pengembangan diri mencakup meningkatkan kesadaran dan pengetahuan diri serta mempelajari atau meningkatkan keterampilan. Selain itu, mengembangkan diri juga berarti mengenali potensi diri, mengembangkan bakat, membangun harga diri dan identitas, serta meningkatkan kualitas hidup dan sosial, kesehatan, sekaligus menyalurkan aspirasi.

 

Definisi Konsep Diri dan Komponennya

Kontribusi yang dibuat Carl Jung untuk pengembangan diri ialah konsep individuasi atau disebut juga dengan konsep diri. Definisi dari konsep diri adalah suatu model internal yang menggunakan penilaian diri dalam rangka menentukan skema diri seseorang. Sekumpulan dari skema diri itulah yang akan membentuk konsep diri Anda sebagai individu secara keseluruhan. 

 

Konsep diri dalam psikologi dibagi dalam 3 jenis, yaitu: 

 

Konsep diri akademik.

Konsep diri terkait perbedaan kultural.

Konsep diri terkait gender.

Konsep diri pada seseorang mulai berkembang pada usia 7 sampai 8 tahun. Pada usia ini, anak-anak sedang dalam kondisi di mana sudah siap menginterpretasikan kemampuan serta perasaan yang dimiliki. Mereka juga telah siap menerima feedback dari orang-orang di sekelilingnya, seperti teman sebaya, orangtua dan guru.