Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

by RENNO PRABUGANDHA -
Number of replies: 0

Salah satu pilihan dalam penanganan permasalahan sosial yang dilakukan oleh negara – negara berkembang termasuk Indonesia adalah kegiatan kewirausahan sosial. Kewirausahaan sosial memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah sosial yang ada di masyarakat terutama kemiskinan. Kewirausahaan sosial merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk menyalurkan bantuan secara terus menerus bahkan bisa memperdayakan masyarakat miskin, sehingga bisa terbebas dari kemiskinan tanpa mengandalkan bantuan.

Mengapa kewirausahaan sosial dinilai penting karena dalam penerapan kewirausahaan sosial dipandang penting, karena memilki karakteristik yang merupakan terobosan baru dalam memecahkan fenomena sosial melalui pendekatan selain mencari keuntungan, juga menciptakan nilai sosial terutama bagi masyarakat miskin.

Kewirausahaan sosial dapat dilakukan oleh setiap individu yang ada di masyarakat. Dalam perkembangannya cabang kewirausahaan sosial berinduk pada bidang yang lebih luas, yaitu kewirausahaan, yang dikembangkan dengan menggunakan data empiris dari dunia bisnis