Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial Pada Masyarakat

Pemetaan Sosial Pada Masyarakat

by AKHMAD AFNAN FAJARUDIN -
Number of replies: 0

Pada intinya untuk dapat melakukan pemetaan masalah pada masyarakat dapat mengikuti beberapa Langkah berikut:

  1. Memilih dan menentukan objek analisis, pemilihan target sasaran masalah harus berdasarkan pada pertimbangan yang realistis
  2. Pengumpulan data atau informasi penunjang, untuk dapat menganalisis masalah maka dibutuhkan data pendukung seperti dokumen kabar berita kemuda kegiatan observasi langsung atau tinjauan langsung di lapangan dan melakukan uji validitas data yang di dapatkan.
  3. Identifikasi masalah, pada tahap ini adalah waktunya untuk menganalisis data yang sudah di kumpulkan. Dengan melakukan analisis secara komperhensif maka dapa memahami masalah dan menemukan solusi terbaik
  4. Mengembangkan presepsi, pada tahap ini dapat mengembangkan beberapa persepsi atas beberapa masalah yang ada dengan cara sudut pandang yang sangat objektif, selain iyu dapt membuat suatu alternatif solusi untuk di tinjak lanjuti.
  5. Kesimpulan, setelah semua tahap dilakukan maka para pejuang muda dapat menarik kesimpulan seperti pihak pihak mana saja yang akan terlibat kemudian pihak mana yang diuntungkan dan dirugikan, akibat apa yang akan terjadi yang mucnul secara politik, sosial dan ekonomi.