Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

PERAN TEAMWORK

PERAN TEAMWORK

oleh Fiqih Rizky Ramadhana -
Jumlah balasan: 2

Teamwork yang baik sangat diperlukan oleh tiap tim di dalam sebuah perusahaan, karena dengan begitu maka tiap individu dan perusahaan akan mendapatkan manfaat berikut:

1. Bekerja Lebih Efektif

Dengan kemampuan teamwork yang baik, maka setiap pegawai dalam setiap perusahaan akan mampu bekerja lebih harmonis, dan hal tersebut akan membuat suasana kerja yang lebih kondusif.

Dengan hubungan kerja yang baik antar tiap karyawan, maka setiap masalah, pendapat dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan bisa dikomunikasikan dengan baik tanpa adanya kesulitan.

Sehingga, hal tersebut bisa memudahkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat daripada dikerjakan sendiri.

2. Mendapat Lebih Banyak Ide

Penguasaan pekerjaan yang baik yang dimiliki oleh tiap karyawan saja tidak cukup untuk menentang alasan pentingnya teamwork. Walaupun beberapa karyawan memang ada yang lebih nyaman untuk bekerja sendiri, namun akan ada saatnya mereka menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya.

Nah, hal tersebut bisa diselesaikan lebih baik dengan kerjasama yang baik oleh banyak orang di dalam tim. Sehingga, setiap karyawan bisa saling mendapatkan ide dan saran yang baik.

Proses diskusi ini bisa menyelesaikan suatu permasalahan dalam pekerjaan dan juga mampu merangsang kreativitas dan proses penyelesaian masalah pada tiap karyawan.

3. Saling Mengandalkan Satu Sama Lain

Tidak selamanya pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, terkadang akan ada hari-hari tertentu yang membuat karyawan merasa kesulitan. Nah pada waktu sulit tersebut, strategi teamwork yang baik yang dilakukan oleh manajemen perusahaan akan mampu mengurangi sedikit beban.

4. Mendorong Rasa Kepemilikan yang Lebih Luas

Suatu proyek yang dikerjakan oleh tim akan membuat karyawan merasa bangga terhadap kontribusi yang sudah mereka lakukan. Setiap anggota tim akan merasa sangat puas karena telah mampu mengatasi hambatan dan juga menciptakan kerjasama yang baik.

Selain itu, karyawan juga akan memiliki koneksi yang lebih kuat dengan perusahaan karena sudah menuju pencapaian tujuan perusahaan bersama-sama. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan loyalitas dan mengarah pada kepuasan kerja yang lebih baik antar tiap karyawan.

Hal tersebut juga akan menguntungkan pihak perusahaan dalam jangka panjang. Kenapa? Karena karyawan yang mampu terhubung langsung dengan perusahaan akan cenderung lebih betah bekerja diperusahaan tersebut.

Oleh karena itu, teamwork yang baik akan memungkinkan setiap individu untuk terlibat jauh dengan perusahaan.

5. Memotivasi Pengambilan Resiko yang Lebih Sehat

Kebersamaan adalah kekuatan utama dalam konsep teamwork. Seorang karyawan yang hanya mengerjakan suatu proyek secara individu kemungkinan besar tidak akan mau memaksakan dirinya untuk bisa memberikan ide yang luar biasa.

Apabila proyek yang dikerjakannya tersebut secara sendirian gagal, maka karyawan tersebut akan menanggung tanggung jawab seorang diri. Nah, dengan teamwork yang baik, maka tanggung jawab atas setiap tugas yang gagal bisa didistribusikan dengan baik.

Teamwork yang baik juga akan memungkinkan adanya pengambilan risiko yang lebih banyak pada tiap anggota tim, karena mereka sudah mendapatkan dukungan yang baik dari seluruh anggota.

Ketika sebuah tim mengerjakan tugasnya secara kompak, maka sesi brainstorming akan mampu menghasilkan ide-ide yang lebih cemerlang. Dalam banyak kasus, ide yang paling beresiko terbukti menjadi ide yang paling baik. Dengan teamwork yang baik, maka akan memungkinkan karyawan untuk menciptakan ide yang cemerlang.

Walaupun di dalam teamwork tidak bisa mementingkan kepentingan pribadi, namun teamwork yang baik bisa menguntungkan setiap anggota tim secara pribadi.

6. Meningkatkan Kemampuan untuk Menyelesaikan Masalah

Masalah pasti akan terjadi saat Anda mengumpulkan sekelompok manusia yang unik. Setiap karyawan tentunya memiliki latar belakang, gaya, dan kebiasaan kerjanya masing-masing. Dengan sudut pandang yang unik tersebut, akan terlahir karya paling sukses sekaligus menghasilkan rasa benci yang cepat berubah.

Saat terjadi konflik dalam teamwork, maka setiap anggota akan dipaksa untuk bisa menyelesaikan konflik tersebut. Dalam hal ini, pihak manajemen perusahaan harus mampu mempelajari manajemen konflik yang baik untuk bisa diterapkan dalam kondisi tersebut.

Sebagai balasan Fiqih Rizky Ramadhana

Re: PERAN TEAMWORK

oleh THALIA SEPTI MIRANDA SIHOMBING -
Dalam bisnis, peran teamwork sangatlah penting dan bahkan bisa dikatakan maju atau tidaknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh teamwork yang ada di dalamnya. Semakin baik teamwork yang terbentuk maka akan semakin luas juga peluang sukses yang dimiliki perusahaan tersebut. Pasalnya, untuk menyelesaikan berbagai jenis tugas maupun tantangan maka penting untuk para anggota tim saling bekerja sama.

Begitupun sebaliknya. Meskipun begitu, membentuk teamwork yang baik bukanlah perkara mudah karena tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena kuncinya terletak pada kepercayaan antar anggota tim.

Seperti hubungan lainnya, apabila kepercayaan sudah terbentuk maka kolaborasi yang terjalin pasti akan semakin kuat. Selain itu harus menyatukan berbagai macam sifat dan karakter dari setiap individu yang berbeda agar menjadi satu tujuan yang sama.
Sebagai balasan THALIA SEPTI MIRANDA SIHOMBING

Re: PERAN TEAMWORK

oleh REISYA SHAFIRA HATTASE -
menambahkan, teamwork ini adalah cara untuk kerja secara bersama. Teamwork lah yang menjalankan seluruh kegiatan manajemen sehingga teamwork menjadi faktor yang berpengaruh terhadap baik buruknya kinerja perusahaan. Oleh karena itu, teamwork menjadi elemen penting dalam kesuksesan