Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

by Nadyya Salsabila -
Number of replies: 0
Pemetaan sosial adalah satu metode visual yng menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukendali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
Pemetaan sosial sendiri sebagai salah satu alat ansos. Ansos merupakan alat dasar dan bantu dalam usaha kita untuk menempatkan dan memahami suatu masalah tertentu, pemahamannya atas masalah diletakkan pada konteks realitas sosial jangkauannya relatif lebih luas. Cakupannya, meliputi rentang waktu (biasa disebut dengan historical), struktur (kondisi atau keadaan sosial, ekonomi, politik, kultural), kaitan nilai, serta space (baik aras lokal-global)

Pemetaan sosial mesti dilakukan secara partisipatif dan memberdayakan. Proses membangun pemahaman yang sistematis (systematic learning process), merupakan proses penggunaan kecerdasan kritis saling mendiskusikan tindakan mereka dan mengembangkannya, sehingga tindakan sosial mereka akan dapat benar-benar berpengaruh terhadap perubahan sosial.

Penggunaan Pemetaan  Sosial

  1. Menampilkan data tata letak komunitas, infrastruktur, kependudukan, etno-kelompok bahasa, pola kesehatan, kekayaan, dan sebagainya
  2. Mengidentifikasi kelompok sosial yang berbeda menggunakan kriteria yang ditetapkan secara lokal  dan menilai distribusi aset di seluruh kelompok sosial
  3. Mendalami pengetahuan dan persepsi komunitas
  4. Mengidentifikasi pengaruh dan kekuasaan yang bermain
  5. Belajar tentang lembaga sosial dan pandangan komunitas yang berbeda terhadap lembaga-lembaga sosial tersebut