Forum Diskusi Modul Tematik

kesehatan lingkungan untuk masyarakat yang berdaya

kesehatan lingkungan untuk masyarakat yang berdaya

by RAYHAN PRIMARRESTU SUPRIYONO -
Number of replies: 0

Kesehatan Lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada di antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia, (WHO). Dalam bahasa lain kesehatan lingkungan bisa tercipta jika kesadaran manusia untuk tumbuh dan hidup bersama alam, menjaga dan melestarikan alam bisa dimunculkan. Karena, pada kenyataannya manusialah yang bergantung pada alam itu sendiri, sehingga sudah menjadi kewajiban semua manusia untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitarnya dengan tujuan untuk menghasilkan suatu konsep yang selanjutnya disebut dengan Kesehatan Lingkungan.

Sedangkan pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tak hanya soal makanan, tetapi juga tentang lingkungan tempat tinggal dan kebiasaan hidup seseorang. Pola hidup sehat bisa terganggu jika dalam lingkungan hidupnya tidak memperhatikan lingkungannya, sehingga terciptalah lingkungan yang kumuh dan tidak sehat. Masalah utama yang membuat lingkungan bisa dikatakan kumuh dan tidak sehat adalah terkait masalah sampah.

Masalah sampah ini, jika tidak ditanggapi serius oleh kita bersama, akan berubah menjadi sebuah ancaman dalam beberapa waktu kedepan. Menumpuknya sampah – sampah yang dihasilkan masyarakat dalam kurun waktu terakhir ini sudah sangat memprihatinkan. Sudah banyak sekali masalah sosial yang ditimbulkan karena satu masalah ini saja. Jika kita melihat masalah sampah yang ada di desa kita bisa mengatasi masalah ini dengan manajemen solusi yang baik, salah satunya melalui kewirausahaan sosial, bank sampah.