Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Sebagaimana pentingnya peranan pemetaan sosial dalam penyelesaian masalah?

Sebagaimana pentingnya peranan pemetaan sosial dalam penyelesaian masalah?

by CUT MAYA LUKFA MAWARNI -
Number of replies: 0

pemetaan sosial sangat penting dalam mencapai tujuan program. Pemetaan sosial dapat mengidentifikasi kondisi sosial, ekonomi, dan budaya suatu masyarakat, bahkan dimungkinkan untuk mengidentifikasi masalah, kebutuhan yang dihadapi masyarakat, dan potensi yang dimiliki oleh desa atau kelurahan. Harus menyusun program apa yang akan dibuat dan memiliki tujuan yang tepat, harus mengenali kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, serta masalah yang dihadapi masyarakat, kebutuhan dan potensi desa atau kelurahan. Dengan ini, dari kegiatan pemetaan sosial, program ini akan menjawab kebutuhan, peluang dan tantangan yang dihadapi komunitas atau organisasi tersebut. 

Dengan adanya pemetaan sosial maka dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. Pemetaan sosial dilakukan untuk menggambarkan serta menganalisis dan memprediksi tindakan dan tingkah laku masyarakat. Setelah itu, dapat diambil kebijakan yang efektif dna efisien dari pemetaan sosial tersebut.

Melalui pemetaan sosial, dapat ditentukan yang menjadi keinginan, kebutuhan dan permasalahan yang dirasakan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih sejahtera kedepannya. Selain itu, hasil pemetaan sosial menjadi dasar untuk membuat perencanaan dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.