Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

pengembangan diri dalam membentuk krakter manusia lrbih baik

pengembangan diri dalam membentuk krakter manusia lrbih baik

by IKSAN DALANGGO -
Number of replies: 0

Dalam pembhasa saya mengambil tema tetang pembetukan karakter pada manusaia, dan sementra dalam pembentkan karkter pada manusia yang memang seharusnya sudah haurus di bentuk saat kecil akan tetapi, banyak anak muda jaman skarang untuk pembentukan karekter itu sudah terlambat. akan tetapi dapat di ubah, dengan pendekatan sosial untuk, membetuk karakternya lebih baik. dan ada beberapa hal yang memang memgakibatkan karakter manusia itu kurang baik di antaranya adalah:

-Dorongan kekuatan spiritual.

Manusia adalah makhluk spiritual, makanya kekuatan spiritual itulah sangat berpengaruh pada kepribadian dan watak seseorang. Manusia sebelum lahir ke dunia sudah terikat perjanjian spiritual dengan Allah.

-Keluarga terdekat meliputi orang tua, saudara, dan lainnya.

Keluarga adalah Orang-orang terdekat pasti ikut andil memberikan pengaruh dalam pembentukan kepribadian seseorang. Anak yang baru lahir, lalu kedua orang tuanya meninggal dunia, maka pengasuhnya dan keluarga terdekat lainnya, seperti nenek, bibi, dan lainnya yang setiap saat didengar dan dilihat, pasti berpengaruh terutama pada sikap dan perilaku yang gampang ditiru.

-Lingkungan Sosial

Orang yang tinggal di suatu lingkungan sosial yang sudah terbiasa hidup teratur, hidup bersih, hidup disiplin, hidup saling menghargai, maka ia akan ikut dengan kebiasaan seperti itu, walau pun yang bersangkutan tidak banyak tahu hukum agama, tidak tahu ayat dan hadis. Mereka seperti dipaksa oleh situasi dan keadaan untuk harus ikut dengan lingkungan sosialnya.

- Lembaga pendidikan formal ataupun informal

Sebagaimana halnya keluarga dan lingkungan, maka lembaga pendidikan, baik formal maupun informal pasti berpengaruh terhadap anak dan seseorang dalam proses pertumbuhan kepribadian dan karakternya. Setiap hari kecuali hari libur, dari pagi sampai sore, anak-anak, siswa atau mahasiswa tinggal dan berinteraksi dengan insan-nsan lembaga pendidikan itu, terutama pada keteladanan penyelenggara pendidikan itu sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pembentkan dapat berjalan baik ketika seorang manusia tidak memiliki tekanan eksternal maupun internal karena hal tersebut mengakibatkan manusia memilik tekanan yang berpengaruh untuk pembentukan karakter.

Oleh karena itu pembetukan karakter yang baik yaitu dengan membrikan pelajaran tentang kewarganegaraan agar pembetukan karakter akan lebih baik,dengan demikian kt harus dampigi seorang manusia agar pebentukan karakter akan lebih baik.