Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Bagaimana cara membangun tim atau kerja kelompok?

Bagaimana cara membangun tim atau kerja kelompok?

by TAZKIA AULIA RANGKUTI -
Number of replies: 0

Untuk membangun tim yang efektif diperlukan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Fokus: Tidak hanya membuat rencana dalam jangka pendek saja, tetapi juga membuat rencana dalam jangka panjang. Karena umumnya, orang-orang fokus kepada masalah yang sedang terjadi sehingga kehilangan gambaran dari tujuan utama secara keseluruhan. Jika, anggota lain sedang fokus untuk menyelesaikan masalahnya, maka anggota lain dapat mendedikasikan untuk mengeliminasi masalah atau risiko yang akan terjadi di masa depan.
  2. Peran dan Tanggung Jawab: Ini menjadi point penting dalam menunjang keberhasilan tim. Dengan adanya peran dan tanggung jawab tersebut, apalagi di bidang yang anggota tim sukai dan cocok ini menjadi bakat baru yang tidak disadari sebelumnya. Setiap anggota tim diberikan ruang untuk dapat mengupgrade dirinya sehingga dapat menyelasikan tanggung jawab dengan baik, jika perlu dibuat timeline agar tujuan dapat dicapai.
  3. Tetapkan Tujuan: Setiap anggota tim perlu menetapkan tujuan individu dan tujuan tim. Dengan tujuan dan aturan yang jelas, setiap anggota tim dapat mencapai tujuan tersebut. Hindari sikap yang merugikan diri sendiri dan anggota tim seperti malas, menunda pekerjaan, terlambat.
  4. Bagikan Informasi Secara Terbuka: Ini juga merupakan kunci untuk membangun sebuah tim. Bangun kepercayaan antar sesama anggota tim untuk mencapai tujuan. Jika tidak ada kepercayaan satu sama lain dalam tim maka tim tidak dapat bekerja secara optimal. Ini juga dapat menimbulkan konflik. Share informasi yang memang penting untuk dibagikan kepada semua anggota tim dan update informasi sesering mungkin.
  5. Beri Kesempatan Kepada Anggota Tim untuk Menyampaikan Pendapat: Dengan pendapat yang sudah diberikan dari anggota tim maka kumpulkan pendapat dan saran tersebut lalu dipertimbangkan kemudian mengambil jalan tengah yang telah disepakati bersama.
  6. Penghargaan: Beri penghargaan kepada anggota tim untuk membuat mereka semakin semangat dalam menjalankan tanggung jawabnya. Apalagi, anggota tim yang mampu memberikan prestasi pada tim nya bisa diberikan penghargaan. Tetapi, jangan sampai menimbulkan kecemburuan dari anggota tim yang lain.