Forum diskusi Team Based Project: Langkah-1: Mengidentifikasi masalah

Para mahasiswa yang budiman
Ruang diskusi virtual ini harus Anda gunakan untuk berdiskusi dalam mengerjakan Team Based Project yang merupakan tugas akhir kelompok. Pertemuan kali ini Anda bersama-sama teman sekelas harus mengerjakan langkah-1, yaitu mengidentifikasi masalah yang erat kaitannya dengan perkuliahan Pendidikan Pancasila. Panduan untuk mengerjakan langkah ini ada pada bahan pdf yang dilampirkan pada LMS ini dengan judul: PBK-Langkah 1-Mengidentifikasi masalah. Pelajarilah agar langkah ini berjalan lancar sesuai pedoman.

 Langkah singkatnya sbb: Forum diskusi mendiskusikan masalah-masalah yang ada dalam daftar masalah berikut ini: 
1. Identitas kewargaan era pasca modern [https://www.youtube.com/watch?v=LlH0TOuqkAI&t=511s2.]
2.Persaudaraan sebagai sikap moral baru [https://www.youtube.com/watch?v=T0CT9H_0lfc3. ]
3. Paradoks kemakmuran [https://www.youtube.com/watch?v=NY4fh4UCIrI&t=48s5.]
4. Merawat demokrasi [https://www.youtube.com/watch?v=76NKkpWbTSo&t=577s7.]
5. Masyarakat komunitarian [https://www.youtube.com/watch?v=hQlVQdm1qvs9.]
6. Menumbuhkan etos demokrasi [https://www.youtube.com/watch?v=eRn3tRDJXus12.]
7. Nation and Character Building [https://www.youtube.com/watch?v=oYe8mB0bsjQ&t=417s14.]
8. Dampak RI4.0 terhadap negara dan keamanan nasional [https://www.youtube.com/watch?v=hOzwvYqS9qY&t=615s9.]
9. Fenomena lari dari kebebasan (Escape from Freedom) [https://www.youtube.com/watch?v=sIMLDi2cHqo]
10.Misi mewujudkan bangsa yang cerdas [https://www.youtube.com/watch?v=kCaiN8hdPWc]
11.Menumbuhkan modal sosial [https://www.youtube.com/watch?v=3AlG_J-Z6ok&t=251s]
12.Pancasila jalan tengah keemasan [https://www.youtube.com/watch?v=snyzs1FSNj0&t=2s]
13.Toleransi antarumat beragama [https://www.youtube.com/watch?v=X_C5N_qtIlo&t=3191s]
14.Penguatan persatuan dan kesatuan bangsa [https://www.youtube.com/watch?v=2Nb-qUj74xA&t=79s]
15.Ruang kebebasan yang positif [https://www.youtube.com/watch?v=NY4fh4UCIrI&t=48s]

Dalam diskusi, Anda menyampaikan tanggapan terhadap masalah-masalah tersebut secara bergiliran agar kelas dapat memiliki pemahaman bahwa perlu adanya upaya untuk memacahkannya. Tujuan tahap ini adalah untuk berbagi informasi yang sudah diketahui para mahasiswa, oleh teman-temannya, dan oleh orang lain berkaitan dengan permasalahan tersebut. Langkah berikutnya buatlah kelompok kecil yang terdiri atas dua sampai tiga orang. Masing-masing kelompok akan mendiskusikan satu masalah saja yang berbeda dari 15 masalah yang terdapat pada daftar masalah [pada setiap masalah/topik disertakan tautan bahan untuk membantu memahami masalah/topik dimaksud]. Kemudian masing- masing kelompok kecil harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan pada Format Identifikasi dan Analisis Masalah. Pekerjaan ini akan bersambung pada tugas TBP- Langkah-1: Mengidentifikasi masalah.

 Selamat berdiskusi!
(There are no discussion topics yet in this forum)