Tuesday, 29 November 2022, 9:08 AM
Site: LMS-SPADA INDONESIA
Course: Literasi Digital Tular Nalar (Literasi Digital Tular Nalar)
Glossary: Daftar Istilah - Internet Merangkul Sesama
B

Braille

Huruf Braille adalah sejenis tulisan sentuh, berupa titik-titik timbul yang digunakan oleh difabel netra. Huruf ini diciptakan oleh seorang Perancis bernama Louis Braille.

D

Dikonversi

Berasal dari kata “konversi” yang artinya (1) perubahan dari satu sistem pengetahuan ke sistem yang lain; (2) perubahan pemilikan atas suatu benda, tanah, dan sebagainya; (3) perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain. Dikonversi sendiri merupakan bentuk pasif dari kata kerja “mengkonversi”. Sinonim katanya adalah alih bentuk, metamorfosis, perubahan, transfigurasi.

Disabilitas dan difabel

Disabilitas maupun difabel, keduanya adalah istilah yang digunakan untuk menggantikan istilah penyandang cacat yang sudah lebih dahulu hadir, dengan konteks yang lebih halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang tidak bisa menjalani aktivitas sebagaimana orang sehat dan normal.

Disabilitas, berasal dari serapan kata berbahasa Inggris “disability” atau “disabilities” yang menggambarkan adanya ketidakmampuan atau kekurangan yang terdapat pada fisik maupun mental, sehingga menyebabkan terjadinya keterbatasan pada penyandangnya untuk melakukan suatu aktivitas.

Difabel adalah kondisi ketika seseorang yang memiliki keterbatasan, baik fisik maupun mental mengalami kesulitan untuk melakukan peran tertentu.

Istilah difabel terdengar lebih halus dan sopan untuk menyebut kondisi ini, karena menempatkan penyandang disabilitas sebagai orang lain yang memiliki kemampuan yang sama, hanya saja cara yang ditunjukkannya berbeda. Sementara disabilitas menggambarkan orang yang tidak mampu melakukan suatu aktivitas karena keterbatasan yang ia punya.