2. KEGIATAN DI KELAS

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bimbingan guru baik secara sinkron langsung maupun sinkron maya.

Kegiatan berikut dilaksanakan dengan bimbingan guru atau pengajar.

Jenis Kegiatan

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

Pembuka

  • Salam pembuka
  • Dosen menyampaikan silabus, sistem pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
  • Dosen menyampaikan capaian pembelajaran untuk pertemuan ini
  • Dosen menyampaikan langkah-langkah pembelajaran untuk pertemuan ini
  • Dosen melakukan penjajakan pemahaman

15’

Inti

  • Dosen menunjuk dua (2) orang mahasiswa untuk mempresentasikan ringkasan    tentang Capaian Pembelajaran BIPA!
  • Dua orang mahasiswa bergantian untuk menyampaikan materi presentasinya!
  • Dosen memberikan apresiasi terhadap penampilan, materi presentasi, dan melontarkan pertanyaan kepada forum tentang pokok materi, kesalahan penulisan terkait tata bahasa berdasarkan Tata Baku Bahasa Indonesia, ejaan menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia, dan penulisan referensi menurut APA Style.
  • Mahasiswa memberikan jawaban, alasan maupun dasar pemikiran
  • Dosen memfasilitasi tanya jawab dan diskusi.
  • Dosen memberikan penjelasan tentang CEFR sebagai referensi SKL BIPA (Permendikbud nomor 27 tahun 2017), level kompetensi berbahasa dalam CEFR, serta kompetensi plurilingual dan plurikultural menurut CEFR (https://www.coe.int/en/web/common-european-framework-reference-languages).
  • Dosen memberikan materi dan meminta mahasiswa untuk membentuk kelompok dengan anggota paling banyak lima (5) orang serta meminta adanya forum diskusi kelas.
  • Mahasiswa membentuk kelompok, kemudian membuat forum diskusi dan grup Facebook atau grup WhatsApp untuk mata kuliah.

70’

Penutup/ Tindak Lanjut

  • Mahasiswa berdiskusi untuk menentukan kesimpulan dari pertemuan ini
  • Dosen melaksanakan evaluasi pertemuan
  • Dosen meminta mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pasca kelas
  • Salam penutup

15’