Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bimbingan guru baik secara sinkron langsung maupun sinkron maya.
Kegiatan berikut dilaksanakan dengan bimbingan guru atau pengajar.
Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pembuka
Salam pembuka
Dosen menyampaikan silabus, sistem
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
Dosen menyampaikan capaian pembelajaran
untuk pertemuan ini
Dosen menyampaikan langkah-langkah
pembelajaran untuk pertemuan ini
Dosen melakukan penjajakan
pemahaman
15’
Inti
Dosen menunjuk dua (2) orang mahasiswa untuk mempresentasikan ringkasan tentang Capaian Pembelajaran BIPA!
Dua orang mahasiswa bergantian untuk menyampaikan materi presentasinya!
Dosen memberikan apresiasi terhadap penampilan, materi presentasi, dan melontarkan pertanyaan kepada forum tentang pokok materi, kesalahan penulisan terkait tata bahasa berdasarkan Tata Baku Bahasa Indonesia, ejaan menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia, dan penulisan referensi menurut APA Style.
Mahasiswa memberikan jawaban,
alasan maupun dasar pemikiran
Dosen memfasilitasi tanya jawab dan diskusi.
Dosen memberikan penjelasan tentang CEFR sebagai referensi SKL BIPA (Permendikbud nomor 27 tahun 2017), level kompetensi berbahasa dalam CEFR, serta kompetensi plurilingual dan plurikultural menurut CEFR (https://www.coe.int/en/web/common-european-framework-reference-languages).
Dosen memberikan materi dan meminta mahasiswa untuk membentuk kelompok dengan anggota paling banyak lima (5) orang serta meminta adanya forum diskusi kelas.
Mahasiswa membentuk kelompok, kemudian membuat forum diskusi dan grup Facebook atau grup WhatsApp untuk mata kuliah.
70’
Penutup/ Tindak Lanjut
Mahasiswa berdiskusi untuk
menentukan kesimpulan dari pertemuan ini
Dosen melaksanakan evaluasi
pertemuan
Dosen meminta mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pasca kelas