3.1. Pendahuluan

III. 1. Bagian 1

Dalam keseluruhan proses belajar mengajar terjadilah interaksi antara berbagai komponen (guru, siswa, tujuan, bahan, alat, metode dan lain-lain). Masing-rnasing komponen saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan (pendidikan dan pengajaran). Siswa merupakan komponen yang utama dalam kegiatan belajar mengajar, karena yang harus mencapai tujuan (harus berubah dan berkembang) adalah siswa. yang belajar. Oleh karena itu, pemahaman terhadap siswa adalah penting bagi guru pembinibing, agar dapat menciptakan situasiyang tepat serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk dapat belajar dengan berhasil.

Di samping itu, dalam proses belajar mengajar dalam kelas seluruh kegiatan guru dilaksanakan dalam rangka agar terjadi proses belajar di kalangan siswa dan selanjutnya ditujukan agar siswa berhasil dalam belajarnya. Jadi inti dari kegiatan mengajar guru adalah kegiatan belajar siswa Dengan kata lain bahwa keseluruhan kegiatan yang berlangsung dalam proses belajar mengajar baik yang dilakukan guru maupun siswa, dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar semaksimal mungkin.

Bertolak dari uraian di atas, maka pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar di sini juga mengacu pada faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar ada 4 kelompok, yaitu:

  1. Bahan atau hal yang harus dipelajari yang merupakan  input pokok dalam belajar 
  2. Faktor-faktor lingkungan
  3. Faktor-faktor instrumental
  4. Kondisi individu si pelajar.
You have completed 0% of the lesson
0%