41. Sumber Belajar dan Jenis-Jenisnya

IV. 1. Bagian 1

Dalam proses belajar mengajar guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, ia hanya salah satu dari begitu banyak sumber belajar yang dapat memungkinkan siswa belajar. Proses belajar pada diri siswa dapat terjadi karena komunikasinya secara langsung dengan guru, dapat pula terjadi secara tidak langsung di luar siswa secara aktif berinteraksi dengan media atau sumber belajar yang lain. Segala sesuatu yang memungkinkan siswa untuk belajar inilah yang disebut sebagai sumber belajar.

Dalam usaha belajar agar siswa/peserta didik memperoleh ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang luas dan mendalam, segala sumber belajar belajar hendaknya digunakan. Tentu saja sumber-sumber yang dimanfaatkan adalah yang relevan dengan materi bidang studi yang dibahas, terpilih dan mutakhir. Segala sesuatu dapat disajikan sebagai sumber belajar, bergantung pada kapan dan bagaimana digunakan oleh siswa dengan pengalaman guru.

Zainudin dkk, menjelaskan bahwa jenis jenis sumber belajar sebagai berikut:

1. Manusia sumber (orang, masyarakat)

Orang atau atau masyarakat dapat menjadi sumber belajar yang direncakan untuk kegiatan belajar mengajar, seperti guru, konseler, tutor, administrator/ pendidikan, juga kelornpok masyarakat tertentu dapat tenaga ahli, seniman, masyarakat pedesaan; pedagang kaki lima, masyarakat nelayan dan sebagainya dapat dijadikan contoh nyata dalam proses belajar mengajar.

2. Bahan pengajaran

Biasanya bahan ini berisi pesan, bahan pengajaran yang direncanakan sebagai sumber belajar dinamakan media pengajaram yang meliputi bahan cetak (buku, majalah, modul, film strip, slide, fotografi, audiotape, peta, globe, chart tabel dan bagan dan sebagainya. Bahan pengajaran di samping disediakan untuk pengajaran dan proses belajar mengajar, dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan hiburan; seperti program televisi, cerita untuk anak, film-film umum.

3. Situasi belajar (lingkungan)
Yang dimaksud adalah tempat dan lingkungan belajar. Situasi dan lingkungan tempat belajar yang terutama sebagai sumber belajar adalah gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, workshop, auditorium dan sebagainya. Di luar tersebut dapat berupa bangunan bersejarah, bangunan industri, tempat ibadah, lingkungan pertanian, perkebunan, danau, sungai, jalan raya, pohon dan lain-lain.

You have completed 0% of the lesson
0%