4.4. Kegunaan dan Fungsi Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar

IV.4. Bagian 1

Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar mengajar secara umum media pendidikan mempunyai kegunaankegunaan sebagai berikut :

1. Memperjelas penyajian pesan 
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).

  • Obyek yang terlalu besar bisa dihentikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, model.
  • Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film atau gambar.
  • Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse atau high psek photography.
  • Kejadian atau peristiwa di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film., video, film bingkai, foto atau secara verbal.
  • Obyek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram dan lain-lain.
  • Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim) dapat divisualkan dalam bentuk film-film dan lain-lain.
2. Mengunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi
Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk :
  • Menimbulkan kegairahan belajar
  • Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
  • Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
You have completed 0% of the lesson
0%