4.4. Kegunaan dan Fungsi Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar
IV.4. Bagian 1
Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses
Belajar mengajar secara umum media pendidikan mempunyai kegunaankegunaan
sebagai berikut :
1. Memperjelas penyajian pesan
Memperjelas penyajian pesan
agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau
lisan belaka).
- Obyek yang terlalu besar bisa dihentikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, model.
- Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film atau gambar.
- Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse atau high psek photography.
- Kejadian atau peristiwa di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film., video, film bingkai, foto atau secara verbal.
- Obyek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram dan lain-lain.
- Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim) dapat divisualkan dalam bentuk film-film dan lain-lain.
2. Mengunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi
Dengan menggunakan media
pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.
Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk :
- Menimbulkan kegairahan belajar
- Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
- Memungkinkan anak didik
belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.