4.5. Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih dan Menggunakan Media Pendidikan

IV. 5. Bagian 1

Dalam lembaga pendidikan formil, berbagai media pendidikan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar, baik media ini berupa media jadi yang dibeli dipasarkan bebas maupun media itu buatan sendiri/ dipersiapkan dan dikembangkan sendiri oleh sekolah. Dalam hal ini guru haruslah pandai dalam memilih media apa/mana yang sesuai dan cocok digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Untuk itu beberapa faktor perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media, diantaranya:

  1. Faktor tujuan. Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
  2. Faktor efektifitas . Dari berbagai media yang ada, haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan, hal ini haruslah pula disesuaikan dengan tujuan pengajaran yang ditetapkan.
  3. Faktor kemampuan guru dan siswa. Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan guru dan kemampuan yang ada pada siswa, sesuai dengan pola belajar dan menarik perhatian.
  4. Faktor fleksibititas (kelenturan), tahan lama dengan kenyataan alam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali dipakai langsung dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya (sewaktu digunakan).
  5. Faktor ketersediaan media . Tidak sama sekolah menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi masingmasing sekolah. Misalnya guru membuat sendiri, membuat bersama-sana dengan siswa, membeli, menyewa dan sebagainya .
  6. Faktor kesesuaian antara biaya dan manfaat. Dalam memilih media harus dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang didapatkan.
  7. Faktor kualitas dan teknis. Dalam pengadaan media, seorang guru harus memperhitungkan kualitas dari media tersebut, tidak sekedar bisa dipakai. Media yang bermutu/berkualitas bisa tahan lama, tidak mudah rusak, dan sewaktu-waktu digunakan lagi tidakh harus mengusahakan yang baru.
You have completed 0% of the lesson
0%