4.6. Prinsip-prinsip dalam Penggunaan Media Pendidikan

IV. 6. Bagian 1

Dalam proses belajar mengajar seorang guru belum cukup apabila hanya mengetahui nilai kegunaan dan mengetahui penggunaan media pendidikan, melainkan harus mengetahui dan trampil bagaimana cara menggunakannya. Sehubungan dengan hal itu ada beberapa prinsip penggunaan media yang perlu dipedomani oleh guru dalam proses belajar mengajar, yaitu :

  1. Penggunaan media tidak berarti mengurangi perasaan guru karena tidak ada dalam kegiatan belajar dapat menggantikan kedudukan guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini media merupakan alat bantu belajar mengajar.
  2. Tidak ada satu media yang harus dipakai dengan meniadakan media yang lain, setiap jenis media dapat digunakan sesuai dengan kegunaan masing-masing.
  3. Prinsip manfaat seoptimal mungkin. Karena setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan maka guru harus pandai memanfaatkan kelebihan dari media yang digunakan sesuai dengan tujuan pengajaran yang akan dicapai.
  4. Meningkatkan pemahaman terhadap materi. Penggunaan media yang berlebihan dan terlalu banyak sekaligus justru akan membingungkan dan tidak memperjelas pemahaman. Pendekatan multi media tidak berarti bahwa dalam sekali penampilan dipakai beberapa macam media secara serempak tetapi digunakan dengan tepat dan berinovasi.
  5. Meningkatkan aktivitas belajar sesuai dengan media apapu yang digunakan, guru harus mengusahakan adanya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajarnya (CBSA).
  6. Media harus merupakan bagian yang integral dari pengajaran; guru hendaknya tidak menggunakan media sebagai alat selingan, hiburan atau mengisi waktu sewaktu berlangsungnya proses belajar mengajar.
  7. Menunjukkan penampilan yang positif. Dalam menggunakan suatu media, guru perlu sekali menanipilkan hal-hal yang positif daripada negatif, misalnya bila guru melakukan demonstrasi, memberi contoh, menunjukkan model dan alat peraga lainnya hendaknya selalu mengambil segi positifnya
  8. Harus dilakukan persiapan yang cukup untuk menggunakan media. Kesalahan yang sering terjadi ialah timbulnya anggapan bahwa dengan menggunakan media guru tidak perlu membuat persiapan mengajar. Persiapan yang dilakukan tidak hanya pada waktu akan ditampilkan tetapi juga selama dan sesudah penampilan harus dipersiapkan benar-benar.
  9. Penggunaan kesempatan sebaik-baiknya. Menggunakan media harus disesuaikan dengan waktu yang tersedia, apakah dengan waktu singkat dapat mempercepat pemahaman siswa atau sebaliknya.
  10. Menggunakan media harus tepat dan relevan dengan materi dan tujuan pengarahan, untuk iitu guru harus mengenal karakteristik atau ciri-ciri khusus dari masing-masing media yang dipilih dan digunakan.
You have completed 0% of the lesson
0%