6.1. Konsep Variasi Mengajar

VI. 1. Bagian 1

Dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai keberhasilan dalam tugasnya guru perlu membuat variasi atau selingan pada suatu jam pelajaran yaitu adanya aneka ragaman dalam penyajian kegiatan belajar.

Menggunakan variasi dalam mengajar adalah merupakan perbuatan guru dalam konteks proses belajar mengajar yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam konteks proses belajarnya siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan serta berperan serta secara aktif.

Variasi ini dianjurkan karena dapat menjaga tingkat perhatian, meningkatkan minat serta mencegah rasa bosan dalam diri siswa. Prestasi belajar siswa dapat diperbesar bilamana terdapat cukup variasi, guru dapat dikatakan bekerja dengan baik jika ia mampu mengusahakan variasi sejauh yang ia perlukan. Sebaliknya faktor kebosanan yang disebabkan oleh adanya penyajian kegiatan belajar yang begitu-begitu saja akan tetapi mengakibatkan perhatian, motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran dan guru menurun. Untuk itulah diperlukan adanya variasi dalam mengajar.

You have completed 0% of the lesson
0%