7.1. Pengertian Pengelolaan Kelas

VII.1. Bagian 1.

Ditinjau dari segi bahasa kata “pengelola” berasal dari kata “mengelola atau mengelolakan” yang berarti “penyelenggaraan” Sedangkan kata kelas dalam arti sempit menunjukkan “suatu ruangan atau tempat murid-murid belajar”. Dan menurut Dr. Suharsimi Arikunto menjelaskan pengertian umum mengenai kelas yaitu “sekelompok siswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang Sama dari guru yang Sama.”

Adapun dari segi istilah ada beberapa pendapat atau definisi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

1. Menurut Dr. Hadari Nawawi:

Kegiatan management atau pengelolaan kelas dapat diartikan sebagai kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan murid.

2. Menurut Suharsimi Arikunto

Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.

3. Menurut  NA Amentembun

Management kelas (Class Management) adalah pengelolaan kelas, yaitu “Kepemimpinan atau ketatalaksanaan guru dalam penyelenggaraan kelasnya. Hal ini mencakup kegiatankegiatan menciptakan dan memelihara kondisi-kondisi yang optimal bagi terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif”

4. Johanna Kasim Lemlech dalam bukunya Classroom  Management, menjelaskan :

Classroom management is the orchestration of classroom life, planning curiculum, organizing procedures and resources, arranging the environment to maximize effieciency, monitoring student progress, anticipating potencial problem (pengelolaan kelas adalah persiapan dari suasana kehidupan kelas yang meliputi : perencanaan kurikulum, pengorganisasian, cara kerja dan alat-alat, pengaturan lingkungan untuk memperbesar efisien, pemantauan terhadap kemajuan siswa dan upaya pencegahan terhadap  kemungkinan terhadap timbulnya masalah-masalah)

5. James Coofer, dkk dalam bukunya “Classroom Teaching

 Skill” mengidentifikasi definisi pengelolaan sebagai berikut:

  1. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan memperhatikan suasana kelas.
  2. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk memaksimalkan kebebasan siswa
  3. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan menimbulkan tingkah laku siswa yang diinginkan, dan meniadakan tingkah laku siswa yang tidak diinginkan.
  4. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan inter personal yang positif dan iklim sosio emosional yang efektif (agar terjadi sambung rasa antara guru dan siswa, antara siswa dengan siswa, saling menghormati dan menghargai).
  5. Pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk organisasi kelas yang produktif.

You have completed 0% of the lesson
0%