B. Rangkaian Filter

1. Pengertian Rangkaian Filter

Rangkaian filter merupakan suatu rangkaian listrik yang didesain untuk meneruskan atau menahan sinyal pada frekuensi tertentu. Dengan demikian, rangkaian akan meloloskan frekuensi pada rentang tertentu memiliki nilai redaman yang kecil sedangkan pada rentang yang lainnya memiliki nilai redaman yang sangat besar. Rangkaian filter pada hakikatnya terdiri atas komponen pasif dan aktif yang sengaja di rancang untuk dapat meloloskan dan menahan sinyal frekuennsi tertentu. Rangkaian filter pasif hanya berisi resistor, kapasitor, dan induktor saja. Sedangkan Rangkaian filter aktif berisikan transistor atau op-amp yang dikombinasikan dengan resistor, kapasitor, dan induktor. Rangkaian filter dalam bidang komunikasi digunakan untuk meloloskan frekuensi tertentu yang mengandung informasi rahasia dan meloloskan frekuensi yang lain. Rangkaian filter pada sistem stereo dapat digunakan untuk mengisolasi rentang frekuansi tertentu berdasarkan tingkat nadanya sehingga diperoleh nada-nada yang dinginkan.

Filter banyak digunakan untuk memberikan sirkuit seperti amplifier, osilator dan sirkuit power supply karakteristik frekuensi yang diperlukan. Beberapa contoh diberikan di bawah ini. Mereka menggunakan kombinasi dari R, L dan C
Induktor dan Kapasitor bereaksi terhadap perubahan frekuensi dengan cara yang berlawanan. Melihat sirkuit untuk filter lolos rendah, baik LR dan kombinasi CR menunjukkan telah efek yang sama, tapi perhatikan bagaimana posisi L dan C tempat perubahan dibandingkan dengan R untuk mencapai hasil yang sama.