Pembelajaran Literasi

Pembelajaran Literasi

Assalamu'alaikum. Wr. Wb sahabat mahasiswa yang berbahagia
Selamat bergabung pada LMS SPADA Indonesia pada matakuliah Pembelajaran Literasi Program Studi PGSD dengan saya Bapak Antonius Alam Wicaksono, M.Pd dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi dan Bapak Yanuarius Bria Seran, M.Pd dari STKIP Sinar Pancasila. Sahabat mahasiswa bisa memanggil kami Pak Alam dan Pak Yanuar. Matakuliah ini di ampu oleh dua dosen untuk pertemuan 1 sampai 8 kuliah bersama Pak Alam sedangkan pertemuan 9 sampai 16 bersama Pak Yanuar.

Sahabat sebelum belajar hendaknya berdoa sesuai keyakinan masing-masing.
Mata Kuliah ini, merupakan MK Wajib bagi mahasiswa Prodi PGSD Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Matakuliah ini mengajak sahabat PGSD untuk meningkatkan literasi di SD. 


Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini membahas tentang teori maupun praktik pentingnya pembelajaran literasi SD; pembelajaran literasi yang efektif di SD; strategi pembelajaran literasi; pengembangan program-program literasi SD; pengembangan media literasi SD, dan penilaian pembelajaran literasi SD.


Sedangkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) meliputi:
CPL 1:
 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, profesionalisme, dan integritas akademik (S2)
CPL 2: Mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dan berorientasi multicultural dengan pemanfaatan teknologi ) (S9)
CPL 3: Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam kaitannya dengan memulai, merencanakan, mengatur, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan (P6)
CPL 4: Menguasai konsep penerapan pengetahuan dan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan impelementasi bidang keahlian (P15)
CPL 5: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9)
CPL 6: Mampu menerapkan konsep, teori, keterampilan, pengembangan pembelajaran ke-SD-an berbasis multicultural dengan memanfaatkan teknologi (KK16)


CPMK Matakuliah Pembelajaran Literasi sebagai berikut.

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan (C3) teori, prosedur, dan prinsip kerja dalam pembelajaran literasi SD (S9, PP2) dan menginternalisasi tahapan proses prinsip kerja ilmiah melalui membaca buku “Pendidikan Literasi” secara benar.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) (C4, P2) (KU1,KK8)

Bahan Kajian pada Matakuliah Pembelajaran Literasi yaitu:

Topik 1: Konsep Dasar Dan Permasalahan Literasi SD

Topik 2: Pembelajaran Dan Lingkungan Literasi Yang Efektif

Topik 3: Strategi Pembelajaran Membaca

Topik 4: Merancang Pembelajaran Membaca

Topik  5: Mempraktikkan Strategi Pembelajaran Membaca

Topik 6: Strategi Pembelajaran Menulis

Topik 7: Program Literasi Di Sekolah

Topik 8: Jenis-Jenis Media Literasi

Topik 9: Penilaian Literasi Di SD