Pembelajaran Literasi
Assalamu'alaikum.
Wr. Wb sahabat mahasiswa yang berbahagia
Selamat bergabung pada LMS SPADA Indonesia pada matakuliah Pembelajaran
Literasi Program Studi PGSD dengan saya Bapak Antonius Alam Wicaksono, M.Pd dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi dan Bapak Yanuarius Bria Seran, M.Pd dari STKIP Sinar Pancasila. Sahabat
mahasiswa bisa memanggil kami Pak Alam dan Pak Yanuar. Matakuliah ini di ampu oleh dua dosen untuk pertemuan 1 sampai 8 kuliah bersama Pak Alam sedangkan pertemuan 9 sampai 16 bersama Pak Yanuar.
Sahabat
sebelum belajar hendaknya berdoa sesuai keyakinan masing-masing.
Mata Kuliah ini, merupakan MK Wajib bagi mahasiswa Prodi PGSD Universitas
Tribhuwana Tunggadewi. Matakuliah ini mengajak sahabat PGSD untuk meningkatkan
literasi di SD.
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini membahas tentang teori
maupun praktik pentingnya pembelajaran literasi SD; pembelajaran literasi yang
efektif di SD; strategi pembelajaran literasi; pengembangan program-program
literasi SD; pengembangan media literasi SD, dan penilaian pembelajaran
literasi SD.
Sedangkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) meliputi:
CPL 1: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika,
profesionalisme, dan integritas akademik (S2)
CPL 2: Mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dan berorientasi
multicultural dengan pemanfaatan teknologi ) (S9)
CPL 3: Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam kaitannya
dengan memulai, merencanakan, mengatur, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan
(P6)
CPL 4: Menguasai konsep penerapan pengetahuan dan dan keterampilan
teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan impelementasi
bidang keahlian (P15)
CPL 5: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9)
CPL 6: Mampu menerapkan konsep, teori, keterampilan, pengembangan
pembelajaran ke-SD-an berbasis multicultural dengan memanfaatkan teknologi
(KK16)
CPMK Matakuliah Pembelajaran Literasi sebagai berikut.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan (C3) teori, prosedur, dan prinsip kerja dalam pembelajaran literasi SD (S9, PP2) dan menginternalisasi tahapan proses prinsip kerja ilmiah melalui membaca buku “Pendidikan Literasi” secara benar.
- Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) (C4, P2) (KU1,KK8)
Bahan Kajian pada Matakuliah Pembelajaran Literasi yaitu:
Topik 1: Konsep Dasar Dan Permasalahan Literasi SD
Topik 2: Pembelajaran Dan Lingkungan Literasi Yang Efektif
Topik 3: Strategi Pembelajaran Membaca
Topik 4: Merancang Pembelajaran Membaca
Topik 5: Mempraktikkan Strategi Pembelajaran Membaca
Topik 6: Strategi Pembelajaran Menulis
Topik 7: Program Literasi Di Sekolah
Topik 8: Jenis-Jenis Media Literasi
Topik 9: Penilaian Literasi Di SD