Desksripsi Topik Materi

Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-2. Silahkan saudara/i menyaksikan video pembelajaran MK Pembelajaran Literasi. Materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 1.  Berikut deskripsi Matakuliah ini.

Deskripsi Topik Materi Ajar : 

Materi ini mempelajari pengertian literasi, dasar, tujuan, serta manfaat literasi di sekolah dasar. Selain itu pada materi ini juga menjelaskan jenis-jenis literasi yang dapat di implementasikan di sekolah dasar sesuai dengan fase A, B, dan C. Serta memberikan contoh kegiatan untuk meningkatkan minat baca siswa. Selain itu sahabat mahasiswa di ajak untuk menganalisis masalah pembelajaran literasi di sekolah.

CMPK :

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan (C3) teori, prosedur, dan prinsip kerja dalam pembelajaran literasi SD (S9, PP2) dan menginternalisasi tahapan proses prinsip kerja ilmiah melalui membaca buku “Pendidikan Literasi” secara benar.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) (C4, P2) (KU1,KK8)

INDIKATOR

Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar pembelajaran literasi SD dan menjelaskan keadaan, permasalahan serta solusi pembelajaran literasi SD

KONSEP DASAR DAN PERMASALAHAN LITERASI SD

  1. Definisi literasi
  2. Dasar, tujuan, dan manfaat literasi
  3. Jenis-jenis literasi
  4. Definisi dan Permasalahan pembelajaran literasi SD

Klik Link Video Pembelajaran Pertemuan ke 2