Deskripsi Topik Materi

Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Pada pertemuan ke-11 ini merupakan materi lanjutan dari pertemuan 10. Oleh karena itu, mahasiswa harus memahami dahulu materi terkait jenis-jenis media literasi di SD, sebelum sahabat mahasiswa mampu merancang program literasi di sekolah.

Deskripsi Topik Materi Ajar : 

Pada maeteri ini mahasiswa diharapkan mampu mempelajari berbagai jenis-jenis media literasi di SD. 

CMPK :

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan (C3) teori, prosedur, dan prinsip kerja dalam pembelajaran literasi SD (S9, PP2) dan menginternalisasi tahapan proses prinsip kerja ilmiah melalui membaca buku “Pendidikan Literasi” secara benar.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) (C4, P2) (KU1,KK8)

INDIKATOR:

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis media literasi di SD
  2. Mahasiswa dapat terampil mengembangkan media pembelajaran literasi di SD
  3. Mahasiswa terampil menggunakan media literasi SD
  4. mahasiswa dapat mengidentifikasi gerakan literasi sekolah (GLS)

JENIS-JENIS MEDIA LITERASI

  1. Definisi Media Literasi
  2. Mengidentifikasi media literasi
  3. Jenis-jenis media literasi
  4. Merancang media literasi
  5. GLS