C. Asumsi Pemrosesan Aktif (Active Processing Assumption)

2. Strategi untuk Mendorong Pemrosesan Aktif

a. Menggunakan pertanyaan panduan

  1. Memberikan pertanyaan sebelum, selama, atau setelah pembelajaran untuk mendorong pelajar berpikir lebih dalam tentang materi.
  2. Misalnya, sebelum membaca teks, ajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh pelajar setelah membaca.


b. Mendorong refleksi

  1. Meminta pelajar untuk merenung dan menulis tentang apa yang telah mereka pelajari, bagaimana mereka memahaminya, dan bagaimana hal itu berkaitan dengan pengetahuan yang sudah ada.
  2. Misalnya, setelah menyelesaikan modul, minta pelajar menulis ringkasan atau membuat peta konsep.


c. Menggunakan aktivitas interaktif

  1. Menyediakan simulasi, permainan pendidikan, atau laboratorium virtual yang memerlukan pelajar untuk membuat keputusan dan melihat konsekuensi dari tindakan mereka.
  2. Misalnya, menggunakan perangkat lunak simulasi yang memungkinkan pelajar bereksperimen dengan variabel-variabel yang berbeda.


d. Penyediaan umpan balik

  1. Memberikan umpan balik yang cepat dan konstruktif terhadap tugas atau kuis untuk membantu pelajar memperbaiki pemahaman mereka.
  2. Misalnya, menggunakan platform pembelajaran yang memberikan umpan balik otomatis setelah pelajar menyelesaikan kuis.


e. Menggunakan grafik dan diagram

  1. Menyediakan grafik, diagram, dan visualisasi data untuk membantu pelajar mengorganisasikan informasi secara visual.
  2. Misalnya, menggunakan diagram venn untuk menunjukkan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda.


f. Memberikan latihan dan praktik

  1. Memberikan kesempatan untuk latihan dan aplikasi praktis dari konsep yang dipelajari melalui soal latihan, proyek, atau studi kasus.
  2. Misalnya, memberikan tugas proyek yang memerlukan penerapan teori dalam konteks dunia nyata.

You have completed 0% of the lesson
0%