Asas Black

Pengertian Asas Black

Tentunya kalian sudah mengetahui bahwa kalor berpindah dari satu benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Perpindahan ini mengakibatkan terbentuknya suhu akhir yang sama antara kedua benda tersebut. Pernahkah kalian membuat susu atau kopi? Sewaktu susu diberi air panas, kalor akan menyebar ke seluruh cairan susu yang dingin, sehingga susu terasa hangat.
Suhu akhir setelah pencampuran antara susu dengan air panas disebut suhu termal (keseimbangan).
Kalor yang dilepaskan air panas akan sama besarnya dengan kalor yang diterima susu yang dingin. Kalor merupakan energi yang dapat berpindah, prinsip ini merupakan prinsip hukum kekekalan energi. Hukum kekekalan energi dirumuskan pertama kali oleh Joseph Black (1728 ├ö├ç├┤ 1899). Oleh karena itu, penyataan tersebut juga dikenal sebagai asas black.
Asas Black adalah suatu prinsip dalam termodinamika yang dikemukakan oleh Joseph Black. Asas ini menjabarkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut.
├ö├╗├¡ Jika dua buah benda yang berbeda yang suhunya dicampurkan, benda yang panas memberi kalor pada benda yang dingin sehingga suhu akhirnya sama.
├ö├╗├¡ Jumlah kalor yang diserap benda dingin sama dengan jumlah kalor yang dilepas benda panas.
├ö├╗├¡ Benda yang didinginkan melepas kalor yang sama besar dengan kalor yang diserap bila dipanaskan.