Road Map Pembelajaran dan RPPS
Kuliah dilakukan dalam 14 kali pertemuan, terdiri atas:
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN (Kompetensi) |
MATERI PEMBELAJARAN |
BENTUK PEMBELAJARAN |
PENGALAMAN BELAJAR |
KRITERIA PENILAIAN (indikator) |
TEKNIK PENILAI-AN |
WAKTU (menit) |
BOBOT NILAI (%) |
SUMBER REFFE-RENSI |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
1 |
Memahami pengertian, tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam pembelajaran tektonika |
Kontrak perkuliahan Definisi tektonika, ruang lingkup pembelajaran tektonika dan hubungan tektonika dan struktur geologi pada kerak bumi |
Ceramah dan diskusi |
Prinsip dasar tektonika, aplikasinya dan pemahamannya |
Dapat menjelaskan topik |
Keaktifan di kelas |
50 |
1,5 |
- |
Memahami proses-proses pembentuk Bumi dan struktur dalam bumi, Memahami dan mampu melakukan evaluasi teori-teori dasar pembentuk bumi dan konsep dasar tektonika |
1. Teori Big Bang dan Struktur dalam Bumi 2. Teori Apungan Benua 3. Teori Undasi dan Geantiklin 4. Pengertian Orogenesa |
Ceramah dan diskusi |
1. Belajar tentang pembentukan bumi dan fase2nya 2. Belajar prinsip dasar apungan benua, undasi dan geantiklin 3. Belajar pengertian orogenesa |
1.Mengerti permasa-lahan 2.Aktif dalam diskusi |
Keaktifan di kelas |
50 |
1,5 |
3 |
|
2 |
Mengetahui dan memahami mekanisme pergerakan lempeng dan gaya-gaya yang mempengaruhi pergerakannya tersebut berdasarkan teori tektonik lempeng: arus konveksi, slab pull, ridge push dan upwelling magma |
Prinsip-prinsip dasar teori tektonik lempeng dan jenis-jenis tepian lempeng aktif pada teori tektonik lempeng (konvergen, divergen dan transform) |
Ceramah, diskusi, dan latihan mandiri |
1. Belajar tentang prinsip2 gaya yg bekerja pd teori tektonik lempeng 2. Belajar tentang struktur dalam bumi 3. Belajar tentang arus konveksi, slab pull, ridge push dan upwelling magma |
Dapat memahami topik diskusi dalam bentuk paper |
Keaktifan di kelas |
100 |
3 |
1-2, 4 |
3-4 |
Memahami dan mampu menjelaskan kembali tepian lempeng konvergen, mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran konsep pembentukan cekungan dan konsep pembentukan gunung api, serta epicenter gempabumi yg berlangsung pada tepian konvergen |
Batas tepian lempeng konvergen (subduksi, kolisi dan obduksi), busur vulkanik dan pembentukan cekungan-cekungannya (cekungan muka busur, busur magmatik dan busur kepulauan, dan cekungan belakang busur) |
Ceramah, diskusi, latihan dan kerja kelompok |
1. Belajar tentang subduksi, obduksi dan kolisi 2. Belajar geologi yg dibentuknya 3. Belajar prinsip busur vulkanik dan busur kepulauan 4. Belajar tentang FAB dan BAB |
Dapat memahami topik diskusi dan merangkumnya dalam bentuk essay |
Keaktifan di kelas Resume hasil Kuis |
200 |
5 |
1-2, 4 |
5 |
Memahami dan mampu menjelaskan kembali konsep dasar proses geologi yang berlangsung pada tepian lempeng divergen, episenter gempabumi dan kondisi geologi yang dibentuknya |
Batas tepian lempeng divergen (riftting, spreading dan pembentukan MORB), komplek batuan ofiolit dan sedimen laut dalam |
Ceramah, diskusi dan latihan kerja kelompok |
1. Belajar tentang prinsip divergen 2. Mekanisme riftting, spreading dan pembentukan MORB 3. Batuan ofiolit dan sedimen laut dalam |
Dapat memahami topik diskusi dan merangkum-nya dalam bentuk essay |
Keaktifan di kelas dan Resume hasil |
100 |
2 |
1-2, 4 |
6 |
Memahami dan mampu menjelaskan kembali konsep dasar proses geologi yang berlangsung pada tepian lempeng transform, episenter gempabumi yang terdapat di dalamnya, serta geologi hotspot dan seamount pada prinsip tektonika lempeng |
Tepian transform, Hotspot dan Seamounts |
Ceramah, diskusi dan latihan kerja kelompok |
1. Belajar tentang tepian transform 2. Hotspot 3. Seamounts |
Dapat memahami topik diskusi dan merangkum-nya dalam bentuk essay |
Keaktifan di kelas dan Resume hasil |
100 |
2 |
4 |
7 |
Mampu memerikan, menyusun karya ilmiah tentang kondisi geologi yang dibentuk oleh salah satu proses tektonik lempeng |
Interpretasi data geologi hasil dari proses Tektonik Lempeng (contoh kasus proses tektonik lempeng di seluruh permukaan bumi) |
Fieldtrip, diskusi, dan kerja kelompok membuat proyek tektonika dengan materi dari pertemuan 4-6 |
1. Belajar pemahaman tektonika di lapangan 2. Belajar kerja kelompok |
Aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan permasalahan tektonika |
Keaktifan di lapangan, buku catatan lapangan, peta lapangan dan laporan tertulis |
600 |
15 |
1,2,4 |
8 |
|
UJIAN TENGAH SEMESTER |
|
|
20 |
|
|||
9 |
Memahami kaidah pembentukan cekungan dan pembangunan pegunungan
sri_m@akprind.ac.id |
Pembentukan cekungan dan pegunungan (basin development and mountain bulding) |
Ceramah, diskusi, dan latihan kerja kelompok |
1. Belajar tentang kaidah pembentukan cekungan dan pembangunan pegunungan 2. Prinsip space accomodation |
Aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan permasalahan tektonika |
Keaktifa di kelas dan resume hasil |
100 |
1 |
4 |
10 |
Memahami dan mampu menjelaskan kembali sejarah geologi pada lapisan kerak bumi terkait dengan proses tektonik lempeng yang telah berlangsung di dalamnya |
Perkembangan Tektonik Lempeng Dunia sejak pembentukan Pangea hingga masa kini |
Ceramah, diskusi, dan latihan kerja |
1. Pemahaman pembentukan Tethys dan Samudera Atlantik 2. Tumbukan lp India thdp Eurasia 3. Evolusi lp Pasifik |
Aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan permasalahan tektonika |
Keaktifa di kelas dan resume hasil |
100 |
1,5 |
4 |
11 |
Memahami, mampu menjelaskan kembali dan mampu mengaplikasikan perkembangan tektonik Indonesia yang dipengaruhi oleh pergerakan lempeng Eurasia, India, Australia, dan lempeng Pasifik |
Pengantar perkembangan tektonik yang berlangsung di Indonesia (barat dan timur) |
Diskusi, kerja kelompok dan tugas latihan presentasi |
1. Perkembangan tektonik Indonesia Barat 2. Perkembangan tektonik Indonesia Timur |
Aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan permasalahan tektonika |
Keaktifa di kelas dan resume hasil |
100 |
1,5 |
- |
13 |
Mampu mengidentifikasi sumber daya geologi dan bencana geologi melalui pendekatan ilmu tektonika |
Bencana Geologi dan Sumber Daya Geologi yang dibentuk oleh tepian-tepian lempeng aktif, baik masa kini maupun masa lampau |
Diskusi, ceamah dan tugas kerja kelompok |
1. Sumber daya geologi dan bencana geologi yg dibentuk oleh proses tektonika pada tepian2 lempeng aktif masa kini 2. Aplikasi konsep “the present is the key to the past” |
Aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan permasalahan tektonika |
Keaktifa di kelas dan resume hasil |
100 |
1 |
3 |
14 |
Mampu menyusun dan mempresentasikan proyek tektonika |
PROYEK I |
Latihan kelompok |
Belajar mengembangkan ide tektonika, kerja kelompok, teknik presentasi |
Kerjasama tim, konsep karya, teknik pengoperasian, kerapian dan teknik presentasi |
Hasil karya proyek 1 |
600 |
12,5 |
1,2,4 |
15 |
Mampu melakukan analisis geologi dan tatanan tektonik dalam suatu wilayah geologi |
PROYEK II |
Latihan mandiri |
Belajar mengembangkan diri dalam melakukan analisis geologi suatu daerah berdasarkan konsep teori tektonik lempeng |
Konsep karya, kebenaran konsep dasar, kerapian dan teknik penulisan |
Hasil karya prosek 2 |
300 |
12,5 |
1,2,4 |
16 |
|
UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
|
20 |
|
|||
|
|
TOTAL NILAI |
|
|
100 |
|