MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Selamat Datang adik-adik mahasiswa pada halaman pembelajaran daring ini, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT sehingga perjuangan Adik-adik dalam menuntut ilmu memperoleh manfaat bagi diri pribadi serta bagi Nusa dan Bangsa.
1. Deskripsi Mata Kuliah
Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan oleh seseorang dengan menggunakan alat yang dibuat untuk memudahkan dalam penyampaian materi ketika mengajar. Hal seperti ini tentunya sangat membantu pebelajar dan menjadi solusi untuk membuat pebelajar senang ketika belajar dan tidak merasa jenuh. Oleh karena, media dianggap sebagai alat bantu yang mampu memberikan pengalaman konkret, motivasi belajar, mempermudah konsep yang kompleks, memperjelas sesuatu yang abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit dan mudah dipahami, serta mempertinggi daya serap dan retensi daya serap pebelajar.
Lalu bagaimana cara menghasilkan media dengan berbagai jenis khususnya melalui platform dan perangkat teknologi, jawabannya dapat Anda temukan dalam mata kuliah Multimedia Pembelajaran ini, melalui kajian konsep dan teori, serta, teknis pengembangan layanan pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai jenis media pembelajaran.
2. Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):
- CPL1: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- CPL2: Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik Pengembangan media pembelajaran Fisika (PP9)
- CPL3: Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media pembelajaran dan masalah manajemen laboratorium, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat (KK4)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
- CPMK1: Menunjukkan karakteristik bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL1, S9)
- CPMK2: Menganalisis konsep teoritis dan prinsip multimedia pembelajaran (CPL2, PP9)
- CPMK3: Mengevaluasi jenis multimedia berdasarkan dimensi pengetahuan (CPL2, PP9)
- CPMK4: Menciptakan multimedia pembelajaran sesuai prosedur pengembangan multimedia pembelajaran (CPL2, PP9)
- CPMK5: Menciptakan berbagai jenis media pembelajaran menggunakan aplikasi yang tepat (CPL2, PP9)
- CPMK6: Mengevaluasi berbagai sumber belajar dan media sebagai solusi alternatif permasalah media pembelajaran (CPL3, KK4)
- CPMK7: Menciptakan berbagai jenis media pembelajaran sebagai solusi alternatif permasalah media pembelajaran (CPL3, KK4)
3. Topik Materi Ajar
- Hakikat Multimedia Pembelajaran
- Implementasi Multimedia Pembelajaran dan Tantangannya
- Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran
- Prinsip pengembangan multimedia pembelajaran
- Jenis Multimedia Berdasarkan Dimensi Pengetahuan
- Prosedur Pengembangan Multimedia Pembelajaran
- Pengembangan Multimedia Teks, Gambar, Audio dan Video, dan Animasi
- Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Laboratorium Virtual
- Pengembangan Layanan Pembelajaran Daring
4. Skema (Rencana) Perkuliahan dan Dokumen RPS
Secara umum, skema perkuliahan Multimedia Pembelajaran melalui pendekatan blended learning strategi flipped learning.
- Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri pada LMS. Mahasiswa terlebih dahulu melakukan pendalaman materi pada LMS sebelum aktivitas tatap muka/maya
- Penguatan Materi Pengetahuan melalui tatap Muka/Maya. Pada pertemuan tatap muka/maya, aktivitas pembelajaran difokuskan pada penguatan, konfirmasi pengetahuan, diskusi, dan pendampingan.
Anda dapat mengunduh RPS Multimedia Pembelajaran di sini
5. Rencana Asesmen (Penilaian)
Rencana sistem asesmen (penilaian) pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran mengacu pada berbagai bentuk aktivitas sebagai berikut:
- Laporan aktivitas kemandirian belajar pada LMS
- Aktivitas kemandirian belajar melalui kuis dan forum diskusi
- Penyelesaian evaluasi melalui tugas dan tes evaluasi
- Unjuk kerja tugas proyek
6. Dosen Pengampu Mata Kuliah
Dosen pengampu mata kuliah Multimedia Pembelajaran, yaitu:
- Dr. Ishaq Madeamin, S.Pd., M.Pd. | 0903077701 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id | 0852-4306-3377 | Universitas Muhammadiyah Makassar |
- Dr. Maruf, S.Pd., M.Pd., | 0929128102 | maruf@unismuh.ac.id | 0852-5518-5333 | Universitas Muhammadiyah Makassar |
- Dr. Dian Pramana Putra, S.Pd., M.Pd. | Universitas Muhammadiyah Makassar
- Fauzan Akbar, S.Pd., M.Pd. | 0901068905 | onejune07@gmail.com | 0813-4200-0960 | Universitas Muhammadiyah Bulukumba |
- Rahmat Nasrullah | 0916108703 | rahmat.nasrullah@umkendari.ac.id | 0852-5552-4872 | Universitas Muhammadiyah Kendari |
- Syamsidar, S., S.Pd., M.Pd. | Dosen Tutor | syamsidarsaleng2690@gmail.com | 0852-7439-6337 | Universitas Muhammadiyah Makassar |
7. Referensi
- Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1999). Instructional Media and Technologies for Learning. Prentice Hall.
- Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Allyn & Bacon.
INFORMASI (UPDTAE)
1. Info Tugas Proyek
Silahkan Anda unduh dokumen yang terkait dengan penyelesaian tugas proyek berikut ini:
- Buku panduan tugas proyek (unduh)
- Template proposal rencana tugas proyek (unduh)
- Template laporan tugas proyek (unduh)
2. Info Lainnya
- Survey awal mahasiswa, silahkan isi pada link ini
- Progres aktivitas mahasiswa lihat di sini
- Daftar kelompok lihat di sini